Segarnya Soto Kletuk, Teman Makan Di Blora

Akhir pekan memang waktu yang tepat untuk bersantai. Liburan bareng keluarga atau teman juga tak ada salahnya. Kabupaten Blora juga cocok bila jadi pilihannya. Ada beragam destinasi yang bisa dikunjungi di Kabupaten yang berbatasan dengan Bojonegoro ini.

Oh ya, kuliner khas Blora juga enak untuk dinikmati. Salah satunya ada Soto Kletuk. Menu makanan yang cocok menikmati santap siang setelah asyik berkeliling Blora.

Salah satu warung yang bisa dijadikan tujuan adalah Soto Kletuk Mbah Gowak. Jika dilihat di google map letaknya beradi di Jalan Gunung Lawu. Warungnya merupakan rumah. Berada di linggir jalan dan sudah ada banner tulisannya.

Jika dilihat sepintas, bentuk soto kletuk sama sebagaimana soto pada umumnya. Kuahnya berwarna kecoklatan. Yang jadi pembeda ialah kuah tersebut kemudian dicampur dengan potongan ketela pohon. Sudah diiris dadu kecil-kecil. Teksturnya padat. Sehingga jika dikunyah akan menimbulkan suara "tuk".

Kata Susi, penjual Soto Kletuk, proses pembuatan ketela pohon itu ditumbuk terlebih dahulu. Sehingga me jadi gemblong tawar. Setelah itu diiris dan dijemur sebelum digoreng.

"Ketela pohon ditumbuk. Jadi gemblong tawar. Prosesnya diiris, dijemur kotak, terus digoreng. Biar hasilnya maksimal," katanya.

Selain itu, kata dia, yang menjadi khas Soto Kletuk adalah kuahnya yang bening. Kemudian suwiran ayam menggunakan daging ayam kampung. Kuah dari soto kletuk juga berasal langsung dari kaldu ayam. Kemudian diberikan bumbu sehingga rasanya lebih kuat.

"Semakin banyak brambang semakin enak. Kuahnya langsung dari kaldu," imbuhnya.

Di warung ini juga disajikan beragam lauk-lauk tambahan. Warung soto Kletuk Mbah Gowak saat ini dijalan generasi kedua. Kata Susi, dulu, untuk menjajakan Soto Kletuk masih dipikul. Dan pernah berjualan di sekitar alun-alun blora.

Soto Kletuk ini menarik perhatian warga dari luar kota. Salah satunya Rendi. Ia berasal dari Rembang. Kebetulan, saat itu ia sedang bersama temenya ingin jalan-jalan ke Blora. Sebelumnya ia memang sudah tahu kalau di Blora ada kuliner yang namanya Soto Kletuk.

"Ya, pakai ayam kampung. Kemudian ada irisan singkong," katanya.

Ia nampak lahap menyantap seporsi Soto Kletuk. Nasi dan kuahnya memang ia pesan secara terpisah. Nampak lebih segar.

Rasanya gurih. Dipadukan dengan irisan singkong yang dipotong dadu tadi.  Untuk level kepedasannya bisa diatur sendiri dengan porsi sambal atau kecap yang ingin ditambahkan.  Selamat berwisata dan menikmati santapan dan keindahan Kabupaten Blora. (Vachri/ Kontributor)