Membanggakan! Tujuh Desa Wisata Di Jawa Tengah Raih Prestasi Nasional Lomba Desa Wisata Nusantara 2023

Prestasi membanggakan kembali diraih oleh Desa Wisata di Jawa Tengah. Belum lama ini, 7 Desa Wisata  menerima penghargaan Lomba Desa Wisata Nusantara (LDWN) 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Desa wisata peringkat terbaik diumumkan pada malam Malam Apresiasi Lomba Desa Wisata Nusantara 2023 hari Jumat  (24/11/2023) di Desa Senggigi, Lombok Barat, NTB yang dapat disaksikan melalui live streaming di Youtube Kemendes PDTT.

Ada dua kategori dalam LDWN 2023, yaitu kategori I : Sangat Tertinggal/ Tertinggal/ Berkembang dan Kategori II : Maju/ Mandiri. Sebelumnya pada 15 November 2023, Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan telah mengumumkan 15 desa peringkat terbaik untuk masing-masing kategori.

Pada kategori I, Desa Wisata Guci (Kabupaten Tegal) berhasil masuk dalam 3 besar Desa Peringkat Terbaik, tepatnya pada peringkat III. Lalu, ada Desa Wisata Melung (Kabupaten Banyumas) di peringkat VII dan Desa Wisata Bangsri (Kabupaten Blora) di peringkat XIII.

Pada Kategori II, Desa Wisata Jangglengan (Kabupaten Sukoharjo) dan Desa Wisata Plajan (Kabupaten Jepara), dan Desa Wisata Tunggulrejo (Kabupaten Karanganyar) secara berurutan berhasil meraih peringkat IX, X, dan XI. Kemudian, Desa Wisata Karangkemiri (Kabupaten Banyumas) berada di peringkat XIII.

Selain itu, Desa Wisata Tunggulrejo juga berhasil meraih penghargaan Juara Kategori Tematik Ekonomi dan Desa Wisata Plajan sebagai Juara Kategori Tematik Sosial Budaya untuk Desa Kategori II. Selanjutnya, Juara Favorit untuk Desa Kategori I diperoleh oleh Desa Wisata Guci.

LDWN telah dilaksanakan sejak tahun 2019. Meski sempat terhenti di tahun 2020 dan 2021, pada tahun 2022 LDWN diikuti oleh 1605 desa dan tahun 2023 sebanyak 2007 desa.

Desa Wisata menjadi salah satu potensi wisata yang dimiliki oleh Jawa Tengah. Berdasarkan pendataan terbaru di awal tahun 2023, Jawa Tengah memiliki 776 desa wisata. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Disporapar Provinsi Jawa Tengah memiliki program dan kegiatan untuk mendukung pengembangan desa wisata, antara lain sosialiasai, workshop, Gelar Desa Wisata, dan bantuan keuangan. Dukungan ini sejalan dengan 10 program prioritas Pj Gubernur Jawa Tengah, salah satunya ialah pengembangan pariwisata dan peningkatan daya saing UMKM di sektor ekonomi kreatif. (Admin)

Bagikan