Menikmati Panorama Alam Dari Puncak Gunung Selok

Mencapai puncak bukanlah tujuan tapi bonus dari kesabaran, begitu yang dikatakan beberapa pendaki gunung. Kata-kata yang sedikit memberi hipnotis agar tetap sabar dan tabah dalam melangkah. Semua orang yang mendaki gunung sepertinya butuh sesuatu kata penyemangat versi mereka sendiri. Karena bukan hal yang mudah berjalan jauh dengan kondisi alam yang kadang diluar prediksi, segala hal apapun bisa terjadi.

Bagi mereka yang suka mendaki gunung, perjalanan sesulit dan seterjal apapun pasti bisa dilalui. Tapi bagi mereka yang tidak suka mendaki gunung, baru berjalan 10 menit saja sudah terasa berat dan lama. Hingga keinginan menikmati pemandangan dari atas ketinggian harus sirna. Bahkan untuk memimpikannya saja sudah terasa melelahkan.

Eits, tunggu dulu, jangan kubur dalam-dalam keinginanmu untuk menikmati alam dari atas ketinggian. Karena bila kamu berkunjung ke Gunung Selok, rasa lelah berjalan mendaki gunung itu tidak seberapa. Bahkan untuk menikmati Gunung Selok tidak perlu ada persiapan khusus. Karena puncak tertinggi dari Gunung Selok berada di ketinggian 150 m dari atas permukaan laut. Luasnya pun hanya 236,7 Ha.

Lokasi Gunung Selok ini berada di Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala. Akses menuju Gunung Selok ini juga terbilang sangat mudah. Bila menggunakan kendaraan sendiri baik motor ataupun mobil, pengunjung bisa langsung menuju ke objek wisata yang ada di Gunung Selok. Dari tempat parkir cukup berjalan kurang lebih 10 menit saja.

Di atas Gunung Selok, sudah dibangun tempat untuk berswafoto. Dari tempat itu kita bisa menikmati indahnya hamparan sawah, deretan pohon cemara dan Pantai Sodong yang berada tepat di sebelah selatan Gunung Selok. Di spot swafoto ini ada beberapa wahana untuk berswafoto antara lain selfie deck, balon udara, dan rumah pohon.

Gunung Selok ini juga terkenal dengan wisata religinya. Di puncak gunung ada kuil yang bernama Padepokan Sang Hyang Jati. Kuil ini digunakan untuk tempat beribadah penganut agama Buddha. Selain kuil tersebut, di Gunung Selok juga ada beberapa petilasan yang digunakan untuk bersemedi. Petilasan tersebut antara lain, petilasan Jambe Lima dan Jambe Pitu.

Banyaknya tempat yang suci dan dianggap keramat membuat suasana Gunung Selok ini mistis. Ditambah pepohonan yang tumbuh lebat di setiap sudut gunung. Untuk itu diharapkan pengunjung yang datang untuk menjaga sopan santun dan lingkungan. Tidak hanya di Gunung Selok, di setiap tempat juga kita seharusnya berlaku baik.

Bila sudah mengunjungi Gunung Selok, kita bisa turun ke bawah menikmati suasana pantai. Pantai yang bernama Sodong ini banyak ditumbuhi pohon cemara dan kelapa. Di antara Gunung Selok dan Pantai Sodong ada hamparan sawah, rawa, dan aliran kali. Di tempat tersebut, pengunjung bisa menikmati keindahan alam sambil memancing, menaiki perahu, atau hanya sekedar duduk menikmati semilir angin pantai. Oh, jangan lupa juga untuk mencoba mendoan yang selebar piring di warung sekitar pantai. (Kasih)

 

Bagikan