Catat! Jadwal Pementasan Wayang Orang Dan Ketoprak Di Jawa Tengah

Jawa Tengah memiliki seni pertunjukan tradisional yang dikenal dengan wayang orang. Dilansir dari warisanbudaya.kemdikbud.go.id, wayang orang adalah wayang yang diperagakan oleh manusia dengan memakai kostum sesuai dengan tokoh yang diperankannya. Pada pementasan wayang orang, dalang berperan sebagai sutradara yang mengarahkan para pemain. Adapun cerita wayang orang biasanya diambil dari Babad Purwo, Ramayana dan Mahabarata.

Selain wayang orang, Jawa Tengah juga terdapat pementasan ketoprak. Dikutip dari petabudaya.belajar.kemdikbud.go.id, ketoprak adalah drama tradisional yang diperagakan oleh sebuah grup kesenian dan digelarkan di sebuah panggung dengan mengambil cerita dari sejarah, cerita panji, dongeng dan lainnya dengan diselingi lawak. Kesenian ini diiringi musik dari gamelan yang berupa lesung, alu, kendang dan seruling.

Oh ya, pertunjukan wayang orang dan ketoprak bisa disaksikan secara reguler di Kota Surakarta dan Kota Semarang, lho. Berikut informasi selengkapnya.

 

WAYANG ORANG SRIWEDARI

Sumber sejarah menyebutkan bahwa Wayang Orang Sriwedari tampil pertama kali pada tahun 1910 pada masa Paku Buwono X. Kini, pertunjukan Wayang Orang Sriwedari hadir setiap hari Senin s.d. Sabtu pukul 19.30 WIB bertempat di Gedung Wayang Orang Sriwedari Jl. Kebangkitan Nasional No. 15 Surakarta. Info terkini seputar WO Sriwedari bisa diikuti melalui Instagram @wayang_orang_sriwedari .

 

WAYANG ORANG NGESTI PANDOWO

Wayang Orang Ngesti Pandowo merupakan kelompok wayang orang legendaris di Indonesia sejak tahun 1937. Pada tahun 1950, Ngesti Pandowo mulai pentas di Kota Semarang hingga sekarang. Dilansir dari Instagram @disbudparkotasemarang, jadwal pertunjukan Wayang Orang Ngesti Pandowo tahun 2023 ini setiap hari Sabtu pukul 20.00 WIB bertempat di Gedung Ki Narto Sabdo (TBRS) Jl. Sriwijaya No.29, Kota Semarang.

 

KETOPRAK BALEKAMBANG

Salah satu jenis ketoprak di tanah Jawa yang populer dan memiliki nilai historis tinggi adalah Ketoprak Balekambang yang terletak di Taman Balekambang, Kota Surakarta. Pada awalnya ketoprak Balekambang dijadikan sebagai tempat perkumpulan pemuda, kemudian berkembang sebagai sarana hiburan setelah masa kemerdekaan, tepatnya 1950-an. Sejak tahun 1989 ketoprak Balekambang menetap di salah satu gedung Taman Balekambang. Saat ini, Taman Balekambang tengah renovasi, namun demikian pertunjukan Ketoprak Balekambang tetap bisa dinikmati setiap Sabtu pukul 20.00 WIB bertempat di Grha Wisata Niaga Jl. Slamet Riyadi, Kota Surakarta. Info terkini bisa diperoleh melalui Instagram @balekambangsolo.  (Admin)