Menikmati Sunset Dan Jelajah Sejarah Di Watu Layar Rembang

Jika Anda tengah melintasi jalur pantura Rembang-Tuban saat sore hari, tak ada salahnya mampir sejenak ke area Watu Layar di Lasem, Rembang. Saat cuaca sedang cerah, Anda bisa menikmati indahnya matahari terbenam dari atas bukit. Tak hanya itu, Anda juga bisa berfoto-foto dengan latar kapal-kapal sedang berlabuh yang tersorot cahaya senja. Menawan sekali. 

Akses menuju Watu Layar cukup mudah karena berada berada di pinggir jalan Pantura, tepatnya di sekitar wilayah Bonang. Jalur ini berbatasan langsung dengan pantai, sehingga Anda bisa sekaligus menikmati pemandangan laut Jawa. Watu Layar berada di atas bukit, maka Anda akan bisa melihat pemandangan laut yang lebih luas. Karena lokasinya di atas bukit, maka Anda harus mempersiapkan stamina untuk menuju lokasi. Apabila Anda merasa capek, Anda dapat duduk-duduk di kursi-kursi kayu yang tersedia sembari menikmati semilirnya angin. 

Ada hal menarik lainnya di sekitar Watu Layar. Baru-baru ini, tepatnya pada tanggal 11 Juni 2020 lalu, tim Jelajah Yayasan Lasem Kota Cagar Budaya (LKCB) menemukan stupa kuno. Lokasi stupa kuno berada di area kebun. Bagi Anda yang penasaran ingin melihat stupa tersebut, Anda perlu mencari titik lokasinya. . 

Batu kuno tersebut memiliki ketinggian sekitar 1,5 m dan memiliki gambar timbul yang menyerupai gambar pura. Kata Koh Lam, Anggota LKCB, batu itu bergambar Chattra. Pihaknya akan melaporkan temuan ini ke Balai Pelestarian Cagar Budaya dan Balai Arkeologi. Menurut Koh Lam, masih banyak benda peninggalan sejarah yang penting mulai dari masa Klasik sampai masa peralihan Hindu-Budha ke Islam di kawasan Bukit Watu Layar, Desa Bonang, Lasem ini.

Bagi Anda yang ingin berwisata alam sekaligus wisata sejarah, silakan berkunjung ke Watu Layar bisa menjadi pilihan. Tak jauh dari Watu Layar, terdapat spot pantai lainnya yang juga tak kalah menarik, yaitu Pantai Binangun. Dari pantai ini, Anda juga dapat menikmati keindahan matahari terbenam. Selamat menjelajah!

Bagikan