Seafood Murah Di Cilacap

Seafood adalah salah satu menu andalan yang harus dicoba bila berkunjung ke Cilacap. Letak geografis Cilacap yang menghadap laut selatan membuat daya tarik tersendiri untuk berburu seafood. Namun banyak yang ragu bila ingin menikmati seafood apalagi di tempat wisata. Sudah banyak kejadian pengunjung tertipu dengan membeli seafood yang harganya selangit.

Eits, tenang. Kita bisa menikmati seafood yang tidak sampai mencekik dompet bila berkunjung ke Pantai Jetis. Di manakah itu? Pantai Jetis masih masuk wilayah Kabupaten Cilacap. Tepatnya ada di bagian paling ujung timur dari Cilacap yaitu Kecamatan Nusawungu. Jaraknya 49 km dari pusat kota Cilacap. Bahkan banyak yang sering terkecoh kalau Pantai Jetis ini masuk wilayah Kabupaten Kebumen. Karena memang lokasinya yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kebumen.

Di Pantai Jetis, kita bisa membeli ikan yang masih segar di pasar ikan atau TPI Mina Usaha. Pasar ikan ini buka setiap hari dari pagi sampai sore. Dan tidak pernah sepi pengunjung walau bukan hari libur. Datanglah ketika masih pagi, saat nelayan baru saja menepikan perahunya. Ikan dan kawan-kawannya dijamin masih segar.

Tidak hanya ikan, di pasar ikan Pantai Jetis ini juga dijual macam-macam hasil laut lainnya. Dari cumi-cumi, kepiting, kerang, dan ikannya pun banyak jenisnya. Dari yang masih segar sampai yang sudah diolah juga ada seperti ikan asin. Mau ikan asin jambal yang berdaging tebal atau teri medan yang lembut kecil-kecil? Ada semua di pasar ikan Pantai Jetis.

Bila sudah membeli ikan yang kita inginkan, kita bisa ke warung di sekitar pasar ikan untuk dimasakan. Jenis masakannya pun bisa dipesan sesuai selera kita. Mau saos asam manis, saos tiram, dibakar, atau digoreng tepung, ibu warung siap memasakannya. Kita tinggal menikmatinya dengan nasi putih hangat dan es kelapa muda sambil duduk menghadap Pantai Ayah. Posisi Pantai Jetis ini memang bersebelahan dengan Pantai Ayah yang sudah masuk wilayah Kabupaten Kebumen. Antara Pantai Jetis dengan Pantai Ayah hanya di batasi oleh sebuah kali.

Harga seafood di Pantai Jetis ini tergolong murah se-Cilacap. Untuk makan 13 orang komplit dengan nasi, sayur, dan es kelapa muda, uang yang dikeluarkan tidak sampai 400.000 rupiah. Bahkan mungkin harga segitu termasuk murah daripada tempat wisata lain di luar Cilacap. Harga ikan dan kawan-kawannya memang naik turun tergantung musim tangkapan. Tapi semahal-mahalnya seafood, tidak ada yang lebih murah dari  pasar ikan di Pantai Jetis ini.

Mau membeli  oleh-oleh untuk keluarga di rumah? Ada kerupuk tengiri, abon tuna, dan keripik yutuk yang wajib kalian beli karena tidak ada di daerah lain. Yutuk ini adalah undur-undur laut yang banyak ditemukan di sekitar pantai di Cilacap. Dan jangan lupa setelah nikmat menyantap seafood, dinginkan perut dengan semangka. Kita bisa membeli buah semangka di pintu masuk Pantai Jetis. Karena di situ berjejer perkebunan semangka, buah lainnya, dan beberapa sayur. Jika sedang musimnya, pengunjung bisa memetiknya langsung di kebun. Seru kan? Yuk, berkunjung ke Pantai Jetis.