Pesona Bukit Selo Arjuno & Bligo Yang Wajib Kamu Datangi

Berbicara soal tempat wisata tersembunyi di Jawa Tengah, tentu masih ada banyak tempat wisata yang belum terekspose. Salah satunya adalah Bukit Selo Arjuno & Bligo yang berada di Kabupaten Kendal. Akses jalannya yang sulit ditambah dengan promosi yang masih terbatas membuat tempat ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Hanya segelintir orang saja yang “nyasar” ke tempat ini. Walau begitu, pemandangan dari Bukit Selo Arjuno & Bligo ini tak kalah dengan tempat wisata yang sudah dikenal luas karena memiliki pemandangan alam yang indah.

Akses Menuju Lokasi

Bukit Selo Arjuno & Bligo berada di Watulawang, Kedungboto, Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Tempat ini bisa diakses hanya menggunakan motor karena didominasi dengan jalanan yang rusak dan tidak terawat. Ini yang menjadi alasan mengapa banyak orang menyerah sebelum sampai ke lokasi.

Jika dari Semarang, Anda perlu mengarahkan kendaraan menuju Mijen kemudian ke arah Limbangan dan terus mengikuti peta dari Google. Banyak tanda yang mengarahkan Anda menuju tempat ini, jadi hanya perlu mengikutinya saja sampai ke tempat tujuan. Dari Semarang setidaknya membutuhkan waktu perjalanan sekitar 2 sampai 3 jam. Bukan karena jauhnya, tapi karena medan yang rusak sehingga perlu ekstra hati-hati untuk melewatinya.

Keindahan Alam Bukit Selo Arjuno & Bligo

Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini memiliki dua bukit yang berjajar yaitu Bukit Selo Arjuno dan Bukit Bligo. Kedua bukit ini tinggi menjulang dengan pemandangan sekitar berupa hamparan perbukitan kecil lain yang mengelilinginya.

Walau termasuk surge yang tersembunyi, tempat ini sangat dirawat oleh pengelolanya. Mulai dari kebersihannya, penambahan spot swafoto, alat keselamatan dan perawatan medan sampai ke puncak bukitnya.

Untuk pemula, sebaiknya memilih Bukit Bligo untuk menikmati keindahan alam sekitarnya. Hal ini dikarenakan pada Bukit Selo Arjuno membutuhkan keberanian yang cukup besar untuk menaiki tangga besi vertikal agar sampai di puncaknya.

Bayangkan ada dua bukit yang sejajar dikelilingi oleh hamparan luas hijau dengan bukit kecil lain di kejauhan. Ditambah lagi dengan ketenangan dan kesunyian lingkungan sekitar yang sangat damai. Cocok bagi mereka yang ingin menenangkan diri dari hiruk-pikuk keramaian kota.

Pemandangan menakjubkan lain saat sunrise dan sunset yang memberikan warna yang tak terlupakan saat berkunjung ke Bukit Selo Arjuno & Bligo. Setiap sudut dan sekeliling dari perbukitan ini juga masih alami, jauh dari polusi atau bangunan-bangunan beton seperti yang ada di kota. Hanya ada sayup-sayup suara dari burung yang melintas atau suara hembusan angin saja.

Jika memutuskan untuk pergi ke tempat tersebut sebaiknya persiapkan kondisi kendaraan yang fit dan jaga kebersihan selalu, ya!