Serunya Sensasi Ngejeep Jelajahi Tol Kahyangan Di Atas Awan Batang-Dieng

Jalan alternatif Dieng melalui Bawang Batang kini tengah moncer di kalangan wisatawan. Selain lebih cepat, jalur alternatif ini juga menyuguhkan panorama indah. Bahkan masyarakat sering menyebutnya sebagai Tol Kahyangan. Lantaran jika kabut turun kawasan sekitar di selimuti awan bak negeri di atas awan. 

Kehadiran jalan rabat beton ini sebenarnya sudah ada sedari tahun 2017. Jalur ini dibangun untuk memperlancar arus ekonomi yang ada di sekitar Bawang-Dieng. Khususnya untuk menunjang pemasaran produk pertanian. Meski begitu di tengah Pandemi awal tahun 2020, kehadiran Tol Kahyangan ini moncer usai video keindahannya viral di sosial media. 

Efek jenuh masyarakat di rumah saja akibat Work From Home semakin menjadi magnet kunjungan ke Tol Kahyangan ini. Terlebih panorama perbukitan yang disebut Bukit Serukan ini menjadi salah satu lukisan alam yang mempesona. Hamparan ladang kentang dan pertanian lainnya bak warna warni permadani yang menyelimuti perbukitan. 

Tak hanya bisa dinikmati lewat pandangan mata yang menyegarkan saja. Suasana Tol Kahyangan ini juga bisa dieksplorasi dengan sensasi berbeda dengan menggunakan Jeep. Pecinta Jeep setempat pun kini menawarkan Paket Tur Bawang Dieng yang melewati jalan sepanjang Tol Kahyangan. Pemasangan di sepanjang lereng Gunung Prau ini pun terasa bak menjelajah lereng gunung Bromo ketika menggunakan Jeep. 

Kalingga Adventure, menjadi inisiator trip Bawang-Dieng via jalur Tol Kahyangan ini. Hadir pada tahun 2020, Kalingga Adventure menawarkan berbagai pilihan paket tour. Mulai jelajah wisata Kecamatan Bawang hingga wisata Dieng.

Terlebih berwisata menggunakan Jeep di Tol Kahyangan ini dirasa lebih aman. Pasalnya memang kontur jalan alternatif ini memang memiliki beberapa titik tajam, dan bahkan kemiringan yang sangat curam. Dibandingkan mobil atau kendaraan biasa, berwisata menggunakan Jeep menjadi pilihan yang aman sekaligus pengalaman baru bagi wisatawan. 

Tak hanya menyusuri keindahan Tol Kahyangan, paket tur juga punya jalur khusus untuk memacu adrenalin wisatawan. Kalingga Adventure pun menyiapkan jalur hutan Pinus untuk treatment khusus bagi wisatawan. Dengan jalur off-road yang membelah hutan ini wisatawan bisa merasakan sensasi petualangan yang semakin mengasyikkan. 

Paket yang ditawarkan pun beragam tergantung destinasi tujuan. Per paketnya pengunjung dikenakan biaya mulai dari Rp500-750 Ribu per Jeep. Satu jeepnya bisa diisi 3-4 orang. Tentunya harga ini sebanding dengan sensasi petualangan dan keindahan panorman Tol Kahyangan yang tiada duanya. 

Pilihan wisata di jalur Tol Kahyangan ini pun juga beragam. Bagi wisatawan yang ingin menikmati lereng Gunung Prau sembari kongkow bareng sahabat, Sigembok Hills bisa menjadi opsi. Bagi penggemar swafoto, tentunya tak boleh melewatkan momen untuk mengabadikan diri bersama panorama Bukit Derikan. Bagi yang ingin menjelajah pegunungan. Selain itu masih banyak objek wisata lain yang masih bisa dijelajahi, seperti Bukit Sipudang, Bukit Sipandu, Damar Asri dan lainnya. 

Perwakilan Pengelola Kalingga Adventure, Andi R menjelaskan pihaknya juga telah bekerja sama dengan Pemkab Batang untuk mempromosikan paket fun off road ini. 

"Tak hanya rute menuju Dieng via Tol di Atas Awan, kami juga membuka rute melintasi sungai. Ada sejumlah paket yang bisa dipilih oleh pelancong jika ingin menjajal adrenalin lewat wisata off road. Wisatawan nantinya akan kami antar ke sejumlah tempat wisata, harga tersebut termasuk tiket masuk ke obyek wisata," katanya. (Novia/ Kontributor)