Mencicipi Air Legen Di Wisata 1000 Bogor Rembang

Sirup Kawis telah dikenal sebagai buah tangan khas Rembang sejak puluhan tahun silam. Sirup ini merupakan hasil olahan alam yang dikembangkan di Rembang, yaitu buah kawista. Selain buah kawista, terdapat hasil alam lainnya yang kini dikembangkan menjadi potensi wisata. Pohon apakah yang dimaksud?

Pada bulan Maret lalu, Bupati Rembang meresmikan daya tarik wisata baru di Kabupaten Rembang, tepatnya di desa Pedak, Kecamatan Sulang. Daya tarik wisata tersebut bernama Wisata 1000 Bogor. Desa Pedak memiliki sumber daya alam berupa pohon bogor atau siwalan yang berjumlah banyak dan mudah ditemui di sudut desa. Pohon Bogor dikenal sebagai pohon penghasil air legen. Air legen menjadi minuman favorit warga Rembang karena rasanya yang manis dan menyegarkan.

Melalui Program Desa Wisata, Pemerintah Desa Pedak bersama warga menyulap sebuah area di dekat persawahan menjadi kawasan wisata yang ciamik. Pengunjung akan disambut dengan gerbang bambu bertuliskan “Pedak 1000 Bogor”. Memasuki area, pengunjung akan menyaksikan deretan pohon Bogor nan teduh serta  gubug-gubug beratap rumbai. Gubug-gubug tersebut merupakan kios yang menjual aneka jajanan tradisional, seperti dumbek, gula Bogor, nasi jagung, ketela rambat, dll.

Di sudut lainnya terdapat wahana flying fox. Sementara itu, di sebalah barat dibangun tempat bermain ketangkasan anak berupa jembatan dari sebatang kayu, juga jaring-jaring. Masih di wahana ketangkasan, terdapat flying fox dengan jalur lebih pendek jika dibandingkan dengan flying fox di sebelah utara. 

Fasilitas lainnya yang disediakan di Wisata Seribu Bogor ilah gazebo sebagai tempat istirahat sembari menikmati kuliner khas Desa Pedak, rumah pohon, hingga tempat selfi. Rencananya, Wisata 1000 Bogor akan buka setiap akhir pekan.

Maslihan, ketua panitia, mengatakan, area ini dulunya merupakan persawahan, lalu disulap sedemikian rupa. Gubug-gubug dengan konsep jadul (jaman dulu) bertujuan untuk menjual aneka makanan tradisional, tak terkecuali air legen, minuman favorit dan ikon desa Pedak. Maslihan juga berharap wisata ini dapat mendorong para pemuda untuk bergerak memajukan desa dengan memanfaatkan potensi yang ada.

Suasana asri dengan nuansa tradisional memang kental terasa di tempat ini. Kanan kiri tampak hamparan persawahan nan hijau. Pohon-pohon bogor mendayu-dayu. Anginnya pun sepoi-sepoi. Irama angklung mengiringi langkah setiap pengunjung. Sementara, tak anak-anak juga terlihat santai sembari tiduran di kantong hammock yang tergantung di antara dua pohon bogor. Sungguh nikmat sekali.

Wisata 1000 Bogor sangat cocok untuk wisata keluarga. Apabila ke sini, jangan lupa ajak Ibu, Bapak, Kakak, Adik, dan kerabat lainnya ya.

Bagikan