Sruput Nikmat Kopi Java Mocha Di Doesoen Kopi Sirap Semarang

Mau mencicipi kopi langsung dari kebunnya? Datang saja ke Doesoen Kopi Sirap.

Sesuai dengan namanya, dusun ini merupakan salah satu penghasil kopi yang ada di Jawa Tengah. Doesoen Kopi Sirap dikelola oleh Kelompok Tani Rahayu IV , Dusun Sirap yang juga menyediakan wisata edukasi bagi pengunjungnya.

Dari mulai penanaman, perawatan hingga panen pun bisa dipelajari di sini. Bahkan setiap tahunnya mereka mengadakan acara Panen Raya, dimana pengujung bisa ikut serta memetik biji kopi yang sudah matang. Saat acara tersebut pengujung juga bisa melihat secara langsung bagaimana kopi dibuat secara tradisional mulai dari pemetikan, biji kering, roasting sampai menikmati seduhan kopi gratisnya.  

Doesoen Kopi Sirap berlokasi di Dusun Sirap, Desa Kelurahan, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang. Jika ingin ke tempat ini, pastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi fit. Jalanan menanjak disertai dengan belokan tajam membuat pengunjung harus ekstra waspada dalam mengendarai kendaraannya.

Memasuki wilayah Doesoen Kopi Sirap, pengunjung akan disuguhi pemandangan kebun kopi yang cukup luas. Hawa dingin pun juga sangat terasa dengan suasana yang tenang dan damai. Sesampainya di lokasi, pengunjung  bisa langsung memesan atau bisa juga berkeliling sejenak menikmati suasana kebun kopi yang masih asri.

Beberapa menu kopi yang disajikan seperti kopi tubruk, kopi lanang, kopi arabika premium, kopi robusta dan Java Mocca. Doesoen Kopi Sirap mulai dikenal oleh masyarakat luas berkat budidaya dan pengolahan kopinya, aksen rasa mocca yang tidak ada di biji kopi lain di Indonesia membut kopinya semakin diburu oleh banyak orang.  

Menurut barista, tidak sedikit pula pengunjungnya yang berasal dari luar negeri. Kebanyakan ingin mencicipi kopi andalannya yaitu robusta Kelir dan ketika pulang pasti memborong banyak kopi baik yang sudah jadi bubuk atau yang masih green bean. Inilah mengapa permintaan kopi Sirap selalu tinggi untuk di pasar lokal maupun internasional.

Tidak hanya kopi saja yang dijual di tempat ini, namun berbagai menu berat dan camilan juga tersedia seperti nasi goreng, singkong goreng, kentang goreng, mie rebus dan masih banyak lagi. Jadi tidak perlu khawatir untuk berpindah tempat hanya karena kelaparan.

Doesoen Kopi Sirap sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga karena memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Anak-anak bisa bermain di sekitar kebun kopinya sedangkan orang tuanya bisa duduk tenang di pondokan dan menikmati sajian dari kedai kopinya. Ada juga jembatan dan rumah pohonnya untuk melihat keindahan hamparan kebun kopi dari ketinggian.

Tertarik untuk berkunjung ke sana? Datang kapan saja karena Doesoen Kopi Sirap buka setiap hari dari jam 9 pagi hingga jam 7 malam dan khusus untuk akhir pekan buka sampai jam 9 malam. (Nico)