Wisata Seru Seharian Di Selo Boyolali

Boyolali memiliki sejumlah daya tarik wisata yang menarik untuk dikunjungi. Ada sumber mata air yang jernih dan melimpah, desa wisata yang asri, seni budaya yang masih lestari, hingga kuliner lezat yang melegenda. Rasanya tak cukup sehari untuk menjelajah semuanya. Namun, jika Anda ingin berwisata dalam waktu singkat di akhir pekan, kawasan wisata Selo bisa menjadi pilihan. Berikut ini rekomendasi wisata seru seharian di Selo Boyolali.

 

Sarapan Soto khas Boyolali

Sebelum memulai perjalanan ke Selo, Anda bisa mencoba nikmatnya Soto khas Boyolali yang banyak dijumpai di pusat Kota. Soto Boyolali memiliki kuah bening dengan cita rasa gurih dengan isian daging ayam atau sapi. Anda juga bisa mencicipi aneka kudapan teman makan soto, seperti mento, bakwan sayur, tempe goreng, sate telur puyuh, sate paru, dll.

 

Ceria Bersama di Cepogo Cheese Park

Cepogo Cheese Park resmi dibuka pada akhir tahun 2022. Wisata ini sangat cocok untuk keluarga, terutama anak-anak karena menawarkan beragam wahana permainan yang seru dan edukatif, seperti menaiki kereta mini, memberi kelinci dan mini pony, memberi minum anak sapi,  dll. Harga tiket masuk Cepogo Cheese Park cukup terjangkau, yaitu Rp 20.000,-. Jam operasional wisata mulai pukul 08.00-17.00, namun waktu berkunjung yang nyaman antara pukul 09.00-11.00 dan 15.00-17.00 ketika weekday, sehingga bisa bermain lebih leluasa.

 

Bersantai di Taman Simpang PB VI Selo

Setelah puas bermain di Cepogo Cheese Park, Anda bisa bersantai sejenak di taman Simpang PB VI Selo. Di taman tersebut terdapat patung Pakubuwono VI setinggi 3,5 meter. Dikutip dari solopos.com,  PB VI sendiri ditetapkan menjadi pahlawan nasional pada 1964 berkat perjuangannya membantu Pangeran Diponegoro. Namun, saat melakukan perang gerilya melawan penjajah Belanda, dia ditangkap di Wedi, Klaten dan diasingkan bersama Pangeran Diponegoro di Halmahera, Maluku Utara. Sampai akhirnya diasingkan di Ambon hingga mangkat.

 

Hiking di Bukit Sanjaya

Bagi pencinta foto, Anda bisa berkunjung ke Bukit Sanjaya untuk mendapatkan foto yang instagenic. Dikutip dari travel.kompas.com, wisata ini unik karena punya replika Gapura Lempuyang di Bali. Bedanya jika Gapura Lempuyang di Bali berlatang Gunung Agung, maka gapura di Bukit Sanjaya berlatar Gunung Merapi. Gerbang tersebut menjadi spot foto favorit wisatawan terlebih saat cuaca cerah karena Gunung Merapi terlihat sangat jelas dengan puncaknya yang mengeluarkan asap.

 

Beli Oleh-oleh Khas di Omah Jadah Mbah Rubi

Masih di sekitar taman Simpang PB VI Selo, terdapat pusat oleh-oleh khas Selo, yakni Omah Jadah Mbah Rubi. Omah Jadah Mbah Rubi menyediakan menu jadah yang disajikan bersama serundeng atau tahu tempe bacem. Tersedia juga jadah dengan aneka toping dan rasa.  Kudapan yang tak kalah nikmat ialah wajik gula jawa. Anda juga bisa memesan sego pincuk pecel dan sambal tumpang.

Yuk, agendakan berwisata akhir pekan di Selo Boyolali. (Admin)

Bagikan