5 Hal Yang Harus Dicoba Di Lokawisata Baturraden

Kaki Gunung Slamet tidak pernah habis memberikan pesonanya. Rasanya butuh waktu berhari-hari untuk menjelajah setiap sudutnya. Ada banyak tempat wisata yang bisa kita kunjungi di kaki Gunung Slamet. Apalagi Gunung Slamet ini berada di 5 kabupaten, yaitu Brebes, Tegal, Pemalang, Purbalingga, dan Banyumas. Dan setiap tempat punya ciri khasnya masing-masing.

Seperti Lokawisata Baturraden yang terletak Desa Karangmangu, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas. Sebenarnya sudah dari jaman Belanda, Baturraden menjadi tempat wisata dan peristirahatan. Namun, sempat terbengkalai sejak kemerdekaan dan baru dikelola kembali pada tahun 1967. Sekarang Baturraden sudah menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi dengan fasilitas yang memadai.

Akses menuju Baturraden juga mudah, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Ada angkot warna hijau yang siap mengantar dari Terminal Bulupitu Purwokerto sampai ke Baturradennya langsung.

Tiket masuk ke Baturraden dikenakan tarif 20.000 saat weekday dan 25.000 saat weekend. Tiket tersebut sudah termasuk fasilitas gratis di kolam renang papan luncur, waterpark, sepeda air, spot selfie Sendang Mulya, dan pemandian air hangat belerang. Selain itu, dikenakan tarif tambahan lagi untuk menikmati wahana yang ada.

Apa saja yang bisa dilakukan untuk menikmati keindahan dan fasilitas yang ada di Baturraden?

 

Swafoto dengan pemandangan yang indah

Berada di dataran tinggi dengan udara yang sejuk, pohon yang hijau, dan pemandangan yang memanjakan mata tentu saja menjadi tempat menarik untuk berswafoto. Salah satu tempat yang masih alami adalah air terjun yang tepat berada di tengah Baturraden. Air yang dingin khas pegunungan dengan aliran yang cukup tinggi dan bebatuan di sekitarnya. Pengunjung bisa berswafoto di antara bebatuan itu.

 

Swafoto di spot selfie

Selain keindahan alamnya ada juga spot selfie yang dibangun untuk memanjakan pengunjung yang gemar berfoto-foto. Spot selfie itu antara lain jembatan kaca, ayunan gantung, dan sepeda gantung. Spot selfie tersebut memadukan pemandangan Baturraden dari atas ketinggian dengan ornamen tambahan yang disediakan.

 

Mencoba sepeda air

Di Baturraden ada danau yang di tengahnya ada air mancur. Di danau itu ada sepeda air yang bisa pengunjung naiki untuk mengelilingi danau.

 

Mandi atau berenang

Ada dua tipe air di Baturraden, dingin dan hangat. Pengunjung bisa mencobanya di kolam renang papan luncur untuk yang dingin. Sedangkan yang hangat bisa di pemandian air hangat belerang.

 

Mencoba kuliner khas Baturraden

Sudah lelah berkeliling Baturraden dan menikmati setiap sudutnya, jangan lupa untuk mengisi perut. Ada sate kelinci yang banyak dijual di Baturraden. Sate kelinci ini berbumbu kacang dan empuk teksturnya seperti sate bebek. Makin mantap bila disantap dengan potongan lontong. Jangan lupa juga mencoba mendoan kriuk yang garing dan banyak runtuhan tepungnya.

 

Selain kelima hal itu ada banyak lagi yang patut dicoba kalau ke Baturraden. Apalagi wisata di sekitar Baturraden juga banyak dan tidak kalah menarik. Kalau mau menginap juga banyak sekali hotel atau penginapan di sekitar Baturraden. Jangan lupa ajak keluarga, teman, atau rombongan kantormu untuk berwisata ke Baturraden, ya. (Kasih/ Kontributor)