5 Tempat Berkemah Di Semarang Dan Sekitarnya

Bagi anak muda, camping atau berkemah merupakan sebuah kebutuhan rekreasi wajib saat hari libur tiba. Tak hanya untuk bersukaria saja namun juga untuk merasakan suasana yang berbeda dengan keseharian mereka.

Kalau tempat berkemah pasti identik dengan suasana pegunungan, hawa yang segar, pemandangan yang indah, dan memiliki fasilitas yang memadai. Nah, kali ini ada rekomendasi tempat-tempat berkemah yang ada di sekitar Semarang yang bisa kamu coba.

Bukit Jangli

Tempat pertama tak jauh dari pusat Kota Semarang yaitu Bukit Jangli. Namanya memang sedikit asing karena orang Semarang pun masih banyak yang belum pernah datang ke sana. Bukit Jangli memiliki pemandangan perbukitan hijau yang masih bagus dengan area camping yang bisa kamu pilih sendiri.

Baik sunset atau sunrise, kamu bisa menikmatinya tanpa harus berpindah lokasi. Tak ada biaya masuk yang diperlukan karena tidak ada pengelolanya. Areanya yang lapang dan sangat luas biasa digunakan pendatang untuk berfoto atau beraktivitas outdoor lainnya.

 

Mawar Camp Area

Tempat kedua adalah Mawar Camp Area yang sudah terkenal di telinga anak muda Semarang. Lokasinya berada di kaki Gunung Ungaran dan berdekatan dengan wisata Umbul Sidomukti. Akses yang bisa dilalui menggunakan motor atau mobil ini sangat cocok untuk tempat kemah keluarga.

Beberapa fasilitas yang bisa membantu seperti toilet, mushola, persewaan alat outdoor dan berbagai fasilitas untuk berfoto tersedia di sini. Pemandangan hutan pinus, tebing dan gugusan gunung lain akan terlihat menarik dari tempat ini.

 

Hutan Pinus Nglimut

Lokasinya berada di sisi lain kaki Gunung Ungaran tepatnya di Desa Nglimut, Kendal. Tempat ini sangat spesial karena memiliki pemandangan hutan pinus yang masih asri. Sama seperti Mawar Camp Area, di Hutan Pinus Nglimut ini juga tersedia banyak fasilitas yang bisa kamu gunakan seperti toilet, mushola, dan anjungan untuk tempat berteduh saat hujan lebat.

Hawa dingin dari arah gunung serta bisikan angin yang berhembus akan menambah suasana camping menjadi lebih menyenangkan. Pada pagi harinya, kamu bisa menuju tempat wisata di sekitarnya seperti pemandian air panas, air terjun, dan wisata airnya.

 

Candi Gedong Songo

Mau berkemah dengan pemandangan candi-candi yang menawan? Datang saja ke Candi Gedong Songo. Lokasinya memang jadi satu dengan Kawasan candinya namun ada beberapa area yang diperbolehkan. Kamu bisa memilih area mana yang ingin kamu jadikan sebagai area berkemah seperti di sebelah candinya, lapangan besar di candi teratas atau di balik bukit dengan suasana yang lebih privat.

Tersedia banyak fasilitas yang bisa digunakan dan bahkan pada akhir pekan terdapat warung-warung yang buka sehingga lebih memudahkan membeli makanan jika tak ingin repot memasaknya. Untuk lokasi berkemah paling atas memang membutuhkan energi yang lebih banyak karena harus melewati jalan menanjak dari pintu masuk sampai ke area tersebut.

 

Promasan

Tempat terakhir adalah Promasan yang berada tak jauh dari puncak Gunung Ungaran. Ada beberapa jalur alternatif yang bisa dilalui untuk sampai ke tempat ini yaitu dari Mawar Camp Area atau dari Desa Medini. Untuk akses motor memang perlu usaha yang keras karena harus melewati jalanan berbatu yang licin.

Jika ingin memilih berjalan kaki bisa memarkirkan kendaraan di Mawar Camp Area dan melanjutkan perjalanan menembus hutan selama kurang lebih 3 jam.

Berbeda dengan tempat camping lainnya, di Promasan didominasi oleh pemandangan kebun teh yang masih hijau membentang. Air dan udaranya yang masih segar ditambah dengan suasana kampung tradisional bisa kamu temukan di sini.

Itulah beberapa rekomendasi tempat berkemah yang ada di sekitar Semarang. Di mana yang jadi pilihanmu? (Nico)