6 Pilihan Wisata Air Terjun Di Banyumas

Wisata alam di Banyumas memang memesona. Tak hanya menawan, tetapi juga bisa menyegarkan pikiran. Kabupaten Banyumas yang secara geografis berada di dataran tinggi membuatnya memiliki banyak air terjun atau biasa disebut curug. Dari lereng Gunung Slamet sampai bukit di pinggir kota. Dari yang mudah dijangkau sampai yang butuh perjuangan untuk menggapainya. Semua curug itu punya keunikannya sendiri. Ini dia 6 pilihan wisata air terjun di Banyumas yang bisa dikunjungi.

CURUG CIPENDOK

Curug Cipendok terletak di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok. Cukup jauh dari pusat kota Purwokerto. Untuk menuju lokasi juga harus menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua ataupun empat, karena tidak ada kendaraan umum yang sampai ke lokasi. Yang membuat unik dari Curug Cipendok adalah cerita di balik penamaan cipendok dan tingginya yang mencapai lebih dari 90 meter. Dengan tinggi itu membuat Curug Cipendok menjadi curug tertinggi di Banyumas.

CURUG GOMBLANG

Curug yang memiliki aliran air yang deras ini berada di Desa Kalisalak, Kecamatan Kedungbanteng. Butuh waktu sekitar 40 menit dari pusat kota Purwokerto untuk sampai ke Curug Gomblang. Selain aliran air yang deras, jalan menuju curug yang ditumbuhi pohon rindang dan tinggi membuatnya berbeda dari yang lain.

CURUG SONG

Curug paling selatan di Banyumas ini letaknya tidak berada di lereng Gunung Slamet. Tepatnya di Desa Kalisalak, Kecamatan Kebasen. Di antara semua curug, Curug Song ini tepat untuk liburan bersama keluarga apalagi yang membawa anak kecil. Karena ada banyak wahana permainan untuk anaknya.

CURUG NANGGA

Curug dengan satu aliran air sudah biasa, bagaimana kalau ada 7? Ini yang menjadi daya tarik Curug Nangga karena memiliki 7 undakan aliran air. Lokasinya juga unik karena berhadapan dengan sawah terasering. Pastikan kendaraan bekerja dengan baik sebelum menuju Curug Nangga, karena jalannya cukup menantang. Curug Nangga berada di bagian barat Banyumas, tepatnya di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen.

CURUG BAYAN

Mau ke curug tapi malas jalannya? Coba ke Curug Bayan. Pengunjung tidak perlu berjalan jauh karena lokasinya sudah di pinggir jalan raya.  Jalan menuju lokasi pun tidak terlalu menanjak dan sudah sangat baik. Curug Bayan juga dekat dengan Wana Wisata Baturraden, tepatnya di Desa Ketenger Kecamatan Baturraden. Hal unik yang ditawarkan Curug Bayan ini adalah villa yang ada di sekitar Curug Bayan. Bila menginap di villa tentu saja mendapat pemandangan curug yang menyegarkan.

CURUG TELU

Satu lokasi tapi ada beberapa objek wisata itulah Curug Telu. Selain Curug Telu ada Sendang Bidadari dan Kedung Pete. Di Sendang Bidadari kita bisa menikmati air terjun yang tertutup tebing. Dan di Kedung Pete pengunjung bisa slibon atau berenang di aliran sungai. Sedangkan Curug Telu kita bisa menikmati pemandangan 3 curug yang bersebelahan. Cukup dekat dengan Wana Wisata Baturraden, Curug Telu tepatnya berada di Desa Karangsalam Kecamatan Baturraden.

Jadi, curug mana yang ingin #SobatWisata kunjungi? (Kasih/ Kontributor)

 

Foto 1 : Curug Nangga | Foto 2 : Curug Bayan

Bagikan