Bikin Betah, Kulineran Tempo Dulu Di Pawone Simbah Batang

Pesona wisata di Batang tak melulu soal pantai dan gunung. Kulinernya pun tak boleh dilewatkan. Pawone Simbah yang dibuka tahun 2019 bisa menjadi pilihan Anda saat berkunjung ke Batang. Tiap akhir pekan, banya kendaraan berplat luar daerah Batang datang ke Rumah Makan yang berkonsep tempo dulu ini.

Pawone Simbah sendiri terletak di Desa Lebo, Warungasem, Batang. Meski tidak terletak di perkotaan, akses menuju sana terbilang mudah. Jika ditempuh dari exit toll Warungasem Batang, maka hanya membutuhkan waktu sekitar 6 menit. Sementara jika dari alun-alun Batang membutuhkan waktu sekitar 10 menit. 

Pengunjung akan disambut dengan nuansa Jawa Klasik, sehingga membuat yang datang bernostalgia ke zaman dulu. Seakan-akan sedang mengunjungi rumah masa kecil di kampung halaman. Letaknya yang berada di sekitar hutan sengon makin menjadikan suasana Pawone Simbah semakin syahdu. 

Jangan salahkan jika perut Anda keroncongan, pasalnya aroma masakan khas Mangut dan lainnya semakin menggugah selera makan. Apalagi jika Anda sudah masuk ke dalam 'pawon' atau dapurnya, yang memang menjadi highlight dari konsep rumah makan ini. Dijamin, nafsu makan Anda semakin meningkat. Pasalnya tersaji beragam jenis masakan, mulai dari asin, pedas, ber-santan, gorengan, sayuran dan lainnya. Menunya pun beragam, mulai dari ayam, lele, tongkol, cumi, tahu, tempe dan lainnya. Mulai dari dibacem, digoreng, bakar, pecak panggan dan lainnya. Ditambah lagi, Anda bisa mengambil berbagai jenis makanan sesuai dengan selera secara prasmanan. 

Tak hanya itu Anda pun bisa secara langsung melihat aktivitas para ibu-ibu yang memasak di sana. Sembari mengambil makanan, Anda juga bisa berinteraksi dan mengamati para ibu-ibu memasak. Pemadangan ini pun bisa menjadi nostalgia kenangan-kenangan masa kecil. 

Alat makan dan minumnya pun semuanya disesuaikan dengan konsep tempo dulu. Desain interior dengan pernak-pernik khas rumah joglo klasik semakin membuat anda betah berlama-lama di sini. Mengabadikan momen di sini juga menjadi hal wajib, karena desainnya sangat Instragramable untuk diabadikan. 

Tak hanya makanan, di sini juga tersaji minuman dan juga jajanan jadul. Beberapa jajanan pun bisa dibawa pulang sebagai buah tangan untuk orang tersayang di rumah. Soal harga, Anda tidak perlu risau, lantaran harganya masih terjangkau kantong. 

Kini, Pawone Simbah juga menggarap konsep wisata dengan dua sisi yang berbeda. Persis di belakang pawon, dihadirkan Kampung Milenial dengan nuansa modern khas Museum Angkut Malang. Terdapat area kafe yang bisa digunakan sebagai tempat nongkrong sembari mengabadikan momen bersama keluarga, sahabat, dan kerabat tersayang. 

 

Sungguh bikin betah berlama-lama untuk menikmati suasana di Pawone Simpah.(Novia)