Potensi Ekonomi Kreatif Di Desa Wisata Pagak

Jawa Tengah memiliki ratusan desa wisata dengan beragam potensi, salah satunya ialah Desa Wisata Pagak di Kecamatan Purwareja Klampok, Kabupaten Banjarnegara. Yuk, intip sejenak ada apa saja di sana?

Kampung Kitiran

Komplek Wakara (Wisata Kampung Kitiran) Rawa Lutung yang dilengkapi dengan wahana joging area, kolam renang dan spot selfie Rawa Lutung.

Naik Delman Keliling Desa Wisata

Desa Wisata Pagak menawarkan beragam paket wisata mulai dari paket wisata edukasi siswa (TK, SD, SMP, SMA), paket anak/sekolah, paket remaja, paket wisata jelajah Desa Wisata, paket live in Desa Wisata dan paket ramonan. Anda dapat menjajal paket jelajah desa dengan menggunakan delman sambil menikmati panorama alam pedesaan, aktivitas mayarakat petani dan pengrajin anyam Bambu. Pemasaran kerajinan anyaman bambu berupa bumbung, besek modifikasi, dan souvenir kapal telah tembus pasar Asia Tenggara.

Penyulingan Minyak Atsiri

Penjelajahan desa berlanjut ke tempat penyulingan minyak atsiri, minyak hasil penguapan (destilasi) yang diproduksi Desa Wisata Pagak kurang lebih ada 9 macam seperti daun sirih, sereh wangi, cengkeh, pala, kayu putih, dan tanaman rempah (kunir, jahe, kencur). Antusias pasar minyak atsiri cukup bagus namun masih terkendala bahan baku, seperti minyak daun sirih pada setiap bulan permintaan pasar minimal 50 kg, Desa Pagak baru bisa memenuhi separuhnya. (dien’s-21 / disparbud Kab. Banjarnegara / diolah).

Bagikan