Catat! Festival Wong Gunung 2023 Siap Digelar, Ada Pertunjukan Seni Budaya Hingga Letto

Festival Wong Gunung akan hadir kembali pada 21-23 September 2023 mendatang di Lapangan Desa Pulosari, Kabupaten Pemalang. Event ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2016 dan sempat terhenti pada tahun 2020-2022 karena pandemi Covid-19.

Kehadiran Festival Wong Gunung bermula dari kesulitan air saat musim kemarau yang dialami oleh masyarakat Pulosari. Masyarakat pun melakukan Ritual Agung Banyu Panguripan. 

Tahun ini, ritual Agung Banyu Panguripan akan dilaksanakan pada Kamis (21/9/2023).  Ritual diawali dengan prosesi pengambilan air dari 7 sumber mata air, yaitu Suyud, Sipendok, Gombong, Silengse, Sampyang Gorang, Gondang dan Curug Ilang pada siang hari. Pengambilan air dIlakukan atas perintah sesepuh Desa Jurangmangu, Bapak Nuridin, oleh 7 pendekar dan dipimpin oleh Juru Kunci Eyang Sadum serta didampingi 7 anggota EMU Adventure (Pecinta Alam Pulosari). Doa bersama pun digelar malam harinya bertempat di Desa Jurangmangu.

Pada Sabtu siang (23/9/2023) dilaksanakan kirab terdiri dari Lodong Banyupanguripan yang dibawa oleh putri, juru kunci dan pendekar. Kades serta gunungan sebagai simbol kemakmuran. Kirab berjalan dari Tugu Juang Pulosari menuju Lapangan Pulosari. Selanjutnya, air dibagikan kepada 12 Desa di Kecamatan Pulosari. Prosesi terakhir ialah mengembalikan dan menyatukan kembali Banyu Panguripan ke sumber mata air di 12 desa.  

Selain prosesi ritual Agung Banyu Panguripan, Festival Wong Gunung 2023 juga dimeriahkan dengan serangkaian kegiatan berikut ini:

Gelar Budaya Wong Gunung

Gelar Budaya Wong Gunung menampilkan seni budaya dari tiap-tiap desa di Kecamatan Pulosari. Kegiatan ini dilaksanakan pada 21-23 September 2023 di Lapangan Desa Pulosari.

 

Pameran UMKM

Pameran UMKM diikuti oleh pelaku usaha dari wilayah Kecamatan Pulosari yang dilaksanakan pada 21-23 September 2023 di Lapangan Desa Pulosari.

 

Harmoni Wong Gunung

Harmoni Wong Gunung menjadi puncak acara Festival Wong Gunung 2023 yang akan menampilkan band lokal dan nasional. Saksikan penampilan spesial dari Letto pada  23 September pukul 20.00 WIB di Lapangan Pulosari.

Informasi terkini dapat dilihat di Instagram @festivalwonggunungofficial(Admin)

Bagikan