Kuliner Legendaris Tahu Gimbal "Lumayan" Semarang

Tahu gimbal merupakan salah satu kuliner khas dari Kota Semarang yang sangat terkenal khususnya bagi pecinta kuliner. Makanan ini telah ada sejak jaman penjajahan dan terdiri dari berbagai macam isi yaitu tahu goreng yang dipotong dadu, kol, dan taburan bawang goreng diatasnya. Serta tak lupa isian utamanya yang berupa gimbal, yakni udang bertepung dan memiliki ukuran cukup lebar lalu nantinya akan digoreng sampai matang serta diberi pelengkap seperti nasi atau lontong.

Tahu gimbal menjadi kuliner wajib dicicipi saat sedang berwisata ke Kota Semarang. Oleh karena itu, banyak penjual tahu gimbal yang bisa ditemui di setiap sudut kota. Dari mulai pedagang kaki lima hingga restoran terkenal pun menyediakan menu makanan khas yang sederhana ini. Untuk rasa bisa dijamin enak dengan segala keunikannya masing – masing.

Salah satu warung penjual tahu gimbal yang sangat terkenal adalah Tahu Gimbal Lumayan Pak Man. Warung ini juga dikenal dengan Tahu Gimbal Plampitan yang sudah berdiri sejak tahun 1950-an dan sekarang telah dikelola oleh generasi keduanya.

Nama Plampitan diberikan karena lokasi dari warung yang berada di Jalan Plampitan Semarang dan tidak jauh dari Hotel Plampitan. Lokasi ini juga terbilang sangat strategis karena berada di pusat kota dan hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit dari Simpang Lima. Bisa juga berjalan kaki menuju lokasi ini jika sedang berada di daerah Pecinan Semarang.

Walaupun warung ini berukuran cukup kecil (hanya dapat menampung 10 orang), warung ini tetap menjadi idola dan favorit bagi masyarakat Semarang. Maka dari itu, jangan heran jika berkunjung ke tempat ini akan melihat antrean yang panjang dan harus siap menghabiskan waktu yang cukup lama untuk bergantian dengan pengunjung lainnya.

Setiap hari warung Lumayan Pak Man buka pukul 11.00 dan tutup ketika menu yang disediakan sudah habis tidak tersisa. Jadi jangan datang terlalu sore karena dapat dipastikan tahu gimbalnya sudah habis. Untuk lebih amannya,  datang saja saat mendekati warung ini dibuka.

Keunggulan makanan tahu gimbal dari warung ini adalah penyajiannya dengan porsi yang cukup banyak dan diberikan gimbal udang yang berukuran besar. Tentu dengan ukuran seperti ini sangat memuaskan dan membuat kenyang  hanya dengan satu porsi saja.

Keunikan lain dari tahu gimbal di warung ini adalah penyajian sambal kacangnya. Jika di warung tahu gimbal yang lain menggunakan sambal kacang halus, anda akan melihat sesuatu yang berbeda disini yakni penggunaan sambal kacang yang kasar.

Untuk satu porsi tahu gimbal yang mengenyangkan ini cukup membayar sekitar 22 ribu rupiah untuk tahu gimbal tanpa telur dan 30 ribu rupiah untuk paket tahu gimbal. (Nico)