Curug Telu Nan Cantik

Kalian yang lelah bekerja setiap hari pasti ingin akhir pekan yang menyenangkan. Bisa melakukan hobi yang disukai, membersihkan rumah, bertemu keluarga dan orang yang berarti, atau pergi berwisata ke tempat yang menenangkan hati.

Pergi berwisata bisa jadi pilihan menenangkan pikiran setelah penat dengan kesibukan. Ada yang suka ke pantai, gunung, taman, dan lainnya. Di Kabupaten Banyumas memang tidak ada pantai, karena letak geografisnya yang di lereng Gunung Slamet. Hal ini membuat Banyumas banyak tempat wisata yang menjadi ciri khas dataran tinggi, seperti air terjun.

Air terjun di Banyumas oleh warga sekitar biasa disebut curug. Ada banyak sekali curug di Banyumas. Baik yang sudah dibuka sebagai tempat wisata atau yang masih terpencil dan belum terjamah manusia. Curug-curug ini masih asri dan memiliki ciri khas masing-masing. Ada yang berundak sampai tujuh tingkat, ada yang cocok untuk terjun, ada juga yang berjejer lebih dari satu aliran, dan masih banyak lagi lainnya.

Kali ini saya berkunjung ke salah satu curug di Banyumas yang letaknya tidak begitu jauh dari Wana Wisata Baturraden. Jadi curug ini bisa jadi salah satu pilihan bila ingin menikmati suasana lain dari Gunung Slamet selain ke Wana Wisata Baturraden. Kenapa? Karena curug ini memiliki beberapa tempat yang bisa dikunjungi, murah harga tiket masuknya, dan fasilitas yang cukup memadai.

Curug itu bernama Curug Telu.

Curug berarti air terjun dan telu berarti tiga. Jadi, sudah pasti curug ini punya tiga aliran air terjun. Tapi bukan berarti kita hanya menikmati tiga air terjun itu saja. Ada air terjun lain yang bisa kita nikmati sebelum sampai curug telu.

Curug Telu ini berlokasi di Desa Karangsalam Kecamatan Baturraden. Sebelum masuk gerbang pertama Baturraden, kalian bisa belok kanan lalu mengikuti petunjuk jalan. Lokasi Curug Telu bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi, motor atau mobil. Walau jalannya menanjak dan menikung, tapi sudah halus dan mudah dilalui.

Sesampainya di Curug Telu cukup membayar 5.000 rupiah per orang sebagai tiket masuk. Pengunjung bisa datang dari jam 8.00-16.00. Setelah masuk kita harus berjalan untuk sampai ke Curug Telu dan beberapa tempat lain. Tangga menuju curug sudah bagus jadi tidak perlu khawatir licin atau kotor. Beberapa tempat yang bisa dinikmati di Curug Telu antara lain:

Sendang Bidadari

Sekitar 5 menit dari pintu masuk, kita sudah bisa mampir ke Sendang Bidadari. Di Sendang Bidadari ini ada air terjun yang agak tersembunyi di dalam goa. Mungkin karena lokasinya yang agak tersembunyi jadi dinamai Sendang Bidadari. Agar bidadari yang mandi tidak terlihat dari luar. Banyak bebatuan dengan aliran air yang dingin dan udara yang segar, membuat Sendang Bidadari ini sayang untuk dilewatkan.

Kedung Pete

Melanjutkan perjalanan dengan bunyi binatang hutan yang khas dan kalau beruntung ada pohon yang bunganya kuning sedang mekar, kita sampai di Kedung Pete. Air terjun yang alirannya rendah dan batunya sedikit ini, membuat Kedung Pete sering digunakan untuk terjun dan berenang.

Di Kedung Pete ini juga ada banyak warung, kamar mandi, dan mushola. Jadi, pengunjung bisa istirahat lebih lama di Kedung Pete untuk menikmati pemandangan atau sekedar bercengkrama dengan teman.

Curug Telu

Dari Kedung Pete pengunjung masih harus melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki untuk menuju Curug Telu. Sesampainya di Curug Telu, curug yang menjadi tujuan kita semua, kita bisa melihat curug yang tingginya 7-8 meter dan ada tiga air terjun. Satu yang alirannya sangat deras dan dua lainnya tidak deras. Air terjun yang beraliran deras sampingnya ada dua air terjun beraliran kecil yang keluar dari tebing.

Di Curug Telu ini pengunjung dilarang terjun dari tebing karena banyak batu. Pengunjung hanya bisa mandi atau sekedar membasuh kaki dan berfoto di antara bebatuan. Hati-hati juga bagi yang ingin berenang atau bermain air, bila musim hujan, air bisa datang mendadak dan banjir.

Bagaimana, tertarik mengunjungi Curug Telu? Jangan lupa menikmati mendoan dan secangkir kopi. Dan pastinya ajak teman agar perjalananmu lebih berkesan. 

Bagikan