Lebih Dekat Dengan Desa Wisata Wayang Sidowarno Di Klaten

Pemerintah telah menetapkan cuti bersama lebaran sejak 19-25 April 2023. Biasanya, momen libur lebaran menjadi ajang silaturahim dan berwisata bersama keluarga. Jika ingin merasakan liburan dengan nuansa berbeda, Anda bisa berkunjung ke Desa Wisata di Jawa Tengah. Salah satunya ialah Desa Sidowarno di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten, yang masuk dalam 75 Desa Wisata Terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023 ini. Yuk, kenali lebih dekat.

Desa Sidowarno mengangkat potensi wayang sebagai daya tarik utama. Yap! Selain dalam bentuk seni pertunjukan, wayang kulit juga dapat dinikmati dengan mempelajari proses pembuatannya dengan mengunjungi Desa Wisata Wayang ini. Dikutip dari heloindonesia.com, sebagian masyarakat Sidowarno adalah pengrajin wayang kulit yang keahliannya diwariskan secara turun temurun sejak tahun 1950-an.  Wisatawan yang berkunjung ke desa ini akan dikenalkan dengan istilah seni tatah sungging, yaitu proses memahat dan mewarnai objek wayang tertentu.

Jika ingin berkeliling desa, wisatawan dapat mencoba OTrans atau Ojek Transportasi. Mulanya, wisatawan akan berkumpul di Joglo Omah Wayang, kawasan Dukuh Butuh. Kemudian, pengelola akan memberikan suguhan berupa minuman jamu gendong dan makanan ala desa. Selain itu, wisatawan bisa menyaksikan langsung petunjukan tari tradisional, seperti  tari Punakawan. Setelah itu, wisatawan akan diajak menaiki becak atau ontel untuk menikmati suasana Desa Sidowarno. 

Desa Wisata ini pun dilengkapi fasilitas pendukung seperti areal parkir yang luas, kamar mandi umum, homestay, dan sajian Hidangan Istimewa Kampung (HIK). 

Tertarik untuk cari tahu informasi dan reservasi lebih lanjut? Langsung saja kunjungi Instagram @desawisatawayang. (Admin)

 

Foto : jadesta.kemenparekraf.go.id

Bagikan