Menikmati Gurihnya Pecel Pakis Colo

Kabupaten Kudus memiliki sejumlah daya tarik wisata yang menarik untuk dikunjungi.  Ada wisata religi Masjid Menara Kudus, Makam Sunan Kudus dan Sunan Muria. Ada wisata budaya, seperti Museum Kretek, Joglo Pencu, dan Museum Jenang. Tak ketinggalan wisata kuliner, sebut saja Soto Kudus, Lentog Tanjung, Nasi Pindang. Selain ketiga kuliner tersebut, ada kuliner spesial yang hanya bisa dijumpai di Desa Colo.

Desa Colo di Kecamatan Dawe  berada di pegunungan Muria. Jika dari Kudus Kota, waktu tempuhnya sekitar 30 menit. Sesampainya di sana alan disambut pemandangan alam pegunungan dengan hawa sejuknya yang menenangkan pikiran dan menyegarkan tubuh. Lokasi ini ramai oleh wisatawan yang ingin berziarah ke Makam Sunan Muria. Motor-motor ojek hilir mudik mengantarkan wisatawan.

Selain tempat dengan pemandangan indah, di sini juga memiliki kuliner yang nikmat. Cocok untuk sarapan atau makan siang. Pecel pakis namanya. Jika dilihat sekilas seperti pecel pada umumnya. Nasi putih disajikan di atas piring di tumpuk sayuran hijau, kemudian diguyur sambal kacang. Di warung yang menyediakan pecel pakis, biasanya juga ada lauk-lauk tambahan. Seperti telur dadar atau mata sapi, tempe goreng, perkedal, dan gimbal udang.

Pakis sendiri merupakan tumbuh-tumbuhan. Di area sini tidak ada perkebunan. Namun, kata Amin, salah satu penjual pecel pakis, tumbuh ini alami di tebing-tebing. "Pakis yang ijo-ijo itu," katanya.

Jika bumbu, ia membuat resep sendiri. Kacang digoreng, kemudian ditambah bawang, kencur, dan terasi.

Cara penyajiannya pakis direbus atau diguyur dengan air panas. Namun jangan sampai terlalu medok. Sebab, kata dia, jika terlalu medok maka akan berpengaruh pada rasa.

Pecel pakis ini terasa gurih dengan bumbu kacang yang bercampur dengan daun pakis yang segar. Kombinasi ini cocok jika dipadukan dengan nasi hangat. Beberapa wisatawan baik dalam kota kudus atau luar kota hilir mudik mampir di warung ini.

Para pesepeda juga kerap berolahraga wilayah colo. Setelah berolahraga jika ingin menyantap pecel pakis juga tak ada salahnya. Galih, salah satu warga, menilai rasa pesir pakis di Colo enak. Menurutnya, daun pakis yang terasa renyah ditambah bumbu kacang yang gurih.

"Bumbu kacangnya enak. Pakis teksturnya enak," katanya.

Selain makanan khasnya yang lezat, Kudus juga memiliki minuman Kopi Muria. Di Colo juga banyak dijumpai kedai kopi. Pengunjung bisa besantai dengan menyeruput kopi hangat di tengah hawa sejuk pegunungan Muria.

Selamat berwisata di Kudus. (Vachri/ Kontributor)