Wisata Petik Jambu Ngargoyoso Karanganyar

Bingung mau piknik kemana? Bagi Anda yang tertarik untuk menikmati beragam buah, selain kebun Stroberi di bukit Sekipan Tawangmangu, wisata petik Jambu Ngargoyoso bisa menjadi pilihan. Untuk membawa pulang buah jambu pilihan, Anda cukup merogoh kocek antara 10.000- IDR 25.0000 per kilo. Inipun sudah varietas Jambu Kristal yang diklaim memiliki manfaat seperti; mencegah kanker, menurunkan kolestrol & tekanan darah, mengobati diabetes, menyehatkan mata serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Sedangkan jambu merah yang kress-kress dari dahan pohon bisa kita barter dengan alat pembayaran senilai  Rp 1.000. Memang benar, hanya seribu rupiah per kilo saat musim penghujan. Namun, harga-harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu menyesuaikan permintaan dan penawaran pasar. Satu hal yang perlu ditegaskan lagi, angka tersebut merupakan patokan dari petani jambu di kebun yang kebetulan sering memanen, jangan heran jika sudah sampai penjual kedua di kedai buah tangan pinggir jalan harga jambu merah sudah meningkat 100-150%, Sekali lagi, tidak perlu khawatir! Masih bisa dijangkau karena tidak melebihi IDR 5.000 setiap kilogram.

Nah, berikut adalah 3 daya tarik wisata kebun jambu yang dikelola oleh pemilik untuk menjadi agrowisata dengan konsep wisata edukasi:

Agrowisata Jambu Merah “PUJA”

Salah satu agrowisata yang paling diminati oleh pengunjung karena menawarkan keberadaan jambu merah dalam beberapa aktivitas seperti memilih dan memetik buah jambu yang kita ingin dari pohon langsung, belajar menanam dan merawat jambu biji serta menyediakan bibit jambu merah untuk dibudidayakan.

Dengan kelebihan memiliki lahan sangat luas (sekitar 1 Hektar) dan pengelola kebun yang sudah berpengalaman dalam budidaya jambu, agrowisata PUJA yang berdiri sejak 2013 dengan pendampingan tim KKN UGM dan UNS ini sudah juga melakukan inovasi dengan memproduksi es krim Jambu Merah dan Keripik Jambu yang dapat disantap dan jadikan oleh-oleh bagi para pengunjung. Lokasi : RT 02/RW 04, Candi, Jatirejo, Karanganyar - HTM : Rp 5.000 (tahun 2021)

 

Kebun Jambu Kristal Pak Minto

Berbeda dengan agrowisata sebelumnya yang membudidayakan jambu merah, maka Kebun Pak Minto ini memiliki spesifikasi khusus jambu kristal. Lebih dari 100 pohon yang tumbuh tidak mengenal musim alias bisa berbuah kapan saja, Kebun Jambu Kristal Pak Minto adalah destinasi tepat untuk wisatawan yang ingin mengenal lebih dekat dengan kultivar jambu biji yang makin digemari masyarakat ini. Untuk HTM dalam area berdekatan ini hampir sama, kadang yang membedakan hanya harga buahnya saja, selain karena varietas juga tergantung kebijakan pekebun. Sudah paham perbedaan jambu merah dan jambu kristal? Wah! Sepertinya kita harus berkunjung ke Ngargoyoso. Lokasi : RT 02/RW 04, Candi, Jatirejo, Karanganyar - HTM  : Rp 5.000 (tahun 2021)

 

Wisata Kebun Jambu HELENA

Masih  berada dalam lokasi yang berdempetan, agrowisata Kebun Jambu HELENA memiliki tampilan yang lebih menarik bagi kaum muda, jika dilihat dari fasilitas yang disediakan seperti jembatan swafoto, taman bermain, dan gazebo untuk bersantai di area kebun. Selain memiliki budidaya lengkap antara jambu merah dan jambu kristal, kelebihan lain yang membuat pengunjung tertarik untuk mampir adalah satu cup juice jambu merah gratis untuk setiap pembelian tiket masuk. Meneguk manisnya jus jambu sambil berfoto di sepanjang jembatan besi yang melintang di area perkebunan. Memang lebih menyenangkan! Lokasi : RT 02/RW 04, Candi, Jatirejo, Karanganyar - HTM : Rp 5.000 (tahun 2021) (Wiwin/ Kontributor)

Bagikan