Pesona Desa Wisata Besani Batang Yang Memikat Hati

Desa Wisata terus berkembang menjadi primadona pariwisata Jawa Tengah, tak terkecuali Kabupaten Batang. Kabupaten yang terletak di jalur pantura ini memiliki potensi desa wisata yang unik. Salah satunya ialah Desa Wisata Besani di Kecamatan Blado. Dilansir dari jadesta.kemenparekraf.go.id, Desa Besani berjarak sekitar 25 Km dari ibukota Kabupaten Batang ke arah tenggara dan berada di daerah dataran tinggi dengan hamparan pemandangan alam yang indah.

Tahun 2023, Dewi Besani berhasil lolos dalam 75 Desa Wisata Terbaik ADWI 2023 oleh Kemenparekraf RI. Penasaran wisata apa saja yang ada di sini? Yuk, simak informasinya berikut ini.

Wisata Alam

Rasakan sensasi bersepeda di antara perkebunan teh yang hijau dan asri. Udara segar pasti cocok bagi siapa saja yang ingin bersantai dan melepas penat rutinitas sehari-hari. Kesegaran lainnya juga bisa dijumpai dengan berkunjung ke Curug Dewi Besani, lho.

Wisata Edukasi

Yuk, tingkatkan kemampuan bahasa di Pusat Bahasa Mandarin Dewi Besani. Pelatihan Bahasa Mandarin diadakan setiap minggu, sekaligus mengenalkan budaya akulturasi Jawa dan China.Pengunjung juga bisa mencoba serunya permainan tempo dulu, seperti cublak-cublak suweng, balap karung, dakon, dan lompat tali.  Atau belajar membuat sprei lukis? Bisa, lho.

Wisata Buatan

Suka foto? Ada wisata keren De Blado yang bisa jadi spot foto instagrammable. Pengunjung juga bisa merasakan nostalgia nonton film dengan layar tancap. Hiburan masa lalu yang pasti akan terkenang.

Wisata Budaya

Yap, Wisatawan dapat menyaksikan kesenian tradisional yang masih lestari di Desa Besani. Ada Tari Lengger yang biasa ditampilkan pada acara hajatan atau penyambutan tamu. Ada Kuda Lumping atau dikenal dengan sebutan jaran kepang. Ada juga Kuntulan, salah satu seni tradisional diiringi rebana dan sholawat.

Wisata Kuliner

Jangan lupa untuk menikmati aneka kuliner berselera. Ada Megono, Ayam Besani Spesial, Ayam Besani Manggut, Tauhwa Besani, dan Rambak Besani. 

Bagaimana? Siap seru-seruan di Dewi Besani? Untuk informasi dan reservasi silakan follow Instagram @dewibesani ya. (Admin)

Bagikan