Rekomendasi Oleh-oleh Saat Berkunjung Ke Wonosobo : Praktis Dan Tahan Lama

Meski telah berlalu, euforia event Java Balloon Attraction masih terasa. Selain menyaksikan kemeriahan event tersebut, tak ketinggalan untuk mencicipi kuliner khas, seperti mie ongklok dan tempe kemul.  

Nah, untuk yang tersayang di rumah, tidak lupa membeli oleh-oleh khas. Berikut daftar selengkapnya.

CARICA

Carica adalah salah satu produk oleh-oleh yang sangat populer di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng. Carica sendiri sebenarnya sejenis buah mirip pepaya berukuran kecil. Buah carica diolah menjadi minuman sirup buah dalam kemasan. Oleh-oleh carica tersedia dalam berbagai merek dan dikemas secara menarik, seperti dalam cup kecil/besar dan botol kaca. Harganya pun cukup terjangkau.

 

PETOS

Tempe kemul menjadi makanan ringan paling dicari di Wonosobo. Sayangnya, tempe kemul tidak bertahan lama, sehingga tidak bisa dibawa pulang ke luar kota. Tak perlu khawatir, wisatawan bisa membeli Petos atau tempe atos (tempe keras). Petos menyerupai tempe kemul versi keripik yang lebih kering, renyah, dan tetap nikmat.

 

KACANG DIENG

Tumbuhan khas Dataran Tinggi Dieng lainnya ialah kacang dieng. Ukuran kacang dieng lebih besar dari kacang umumnya. Camilan kacang dieng memiliki cita rasa gurih. Cocok juga sebagai teman perjalanan karena praktis dan siap santap.

 

TEH TAMBI

Pencinta teh jangan sampai terlewat untuk membeli teh khas Dieng satu ini. Teh Tambi diproduksi oleh PT. Perkebunan Tambi yang terletak di Kejajar, sekitar 18 km dari pusat kota Wonosobo. Dikutip dari disparbud.wonosobokab.go.id, Perkebunan teh Tambi didirikan tahun 1865 pada masa kolonial Belanda. Teh Tambi terkenal akan teh hitamnya yang berkualitas ekspor. Tersedia pula varian teh wangi dan teh hijau yang tak kalah nikmat.

 

PURWACENG

Selain teh tambi, produk minuman khas Dieng lainnya ialah Purwaceng. Purwaceng merupakan tanaman herbal yang kaya akan khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan. Tanaman purwaceng diolah menjadi minuman serbuk yang tersedia dalam kemasan sachet dan botol kaca.

 

MIE ONGKLOK INSTAN

Mie ongklok dibawa pulang? Bisa dong. Anda bisa membeli mie ongklok instan. Mie ongklok instan dikemas layaknya produk mie rebus dilengkapi dengan bumbu-bumbu, dan potongan sayuran kering daun kucai serta kuah kental berkanji. Selain original, tersedia juga varian rasa super pedas, black pepper, hot sweety, golden cheezy, dan lombok ijo. Cek Instagram @mieongklokinstant untuk cari tahu lebih lanjut.

Nah, itulah oleh-oleh khas yang bisa dibeli ketika berkunjung ke Wonosobo. Banyak macamnya, praktis, dan tahan lama. Yuk, diborong! (Admin)

 

Bagikan