5 Aktivitas Seru Di Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang menjadi tempat wisata favorit sekaligus yang paling terkenal di Semarang selain Lawang Sewu dan Klenteng Sam Poo Kong. Di kawasan ini pengunjung bisa melakukan banyak aktivitas tak hanya berfoto dengan latar gedung-gedung tua saja. 

Yuk simak apa saja aktivitas seru yang bisa dilakukan di Kota Lama Semarang!

 

Cari barang antik di Pasar Klitikan

Aktivitas menarik yang pertama adalah mencari barang antik di Pasar Klitikan. Lokasinya ada di belakang Gereja Blenduk atau dekat dengan Taman Srigunting Kota Lama.  Tempat ini berupa gedung indoor dengan berbagai pernak-pernik jadul yang bisa ditemui.  Mulai dari koin lama, setrika arang, boneka bekas, mainan tempo dulu, hingga barang-barang antik lainnya dijual di Pasar Klitikan.  Tidak ada tiket masuknya sehingga pengunjung bisa langsung berkeliling mencari barang yang diinginkan atau sekedar berfoto dengan latar barang-barang tempo dulu.

 

Ngopi di café sekitar Kota Lama

Aktivitas seru selanjutnya di Kota Lama Semarang adalah ngopi atau nongkrong di cafénya. Ada banyak sekali café dengan bentuk dan tema yang beragam. Ngopi nikmat dengan latar Kota Lama Semarang tentu bisa bikin cerita yang penuh kenangan.

 

Berfoto di Rumah Akar

Salah satu spot ikonik di Kota Lama adalah Rumah Akar yang terletak di Jalan Roda 2, Kota Lama Semarang. Jalan ini berada di samping Galeri UMKM (Depan Old City 3D Trick Art) yang mengarah ke Gedung Monod Diephuis. Dinamakan sebagai Rumah Akar karena terdapat akar pohon beringin yang menjulang hingga setinggi rumah. Pastinya, tak lengkap rasanya jika tidak berfoto dengan latar ini ketika berwisata ke Kota Lama Semarang.

 

Blusukan di gedung tua Kota Lama

Selain berkeliling di jalan-jalan sekitar Kota Lama, pengunjung juga bisa masuk ke gedung-gedung bersejarah. Jangan lupa minta izin dulu ya. Atau jika ingin blusukan ke dalam gedung-gedung, pengunjung juga bisa bergabung dengan tour organizer lokal yang bakal memandu sekaligus memberikan penjelasan sejarah tentang masing-masing gedung yang ada di Kota Lama Semarang.

 

Bersepeda keliling Kota Lama

Aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan di Kota Lama Semarang adalah bersepeda keliling kawasan ini. Kalau berjalan kaki tentu lebih melelahkan karena area Kota Lama terbilang cukup luas terbentang dari Stasiun Tawang hingga ke Jembatan Berok. Dengan bersepeda memungkinkan pengunjung untuk berkeliling ke sudut-sudut Kota Lama dengan cepat dan lebih menyenangkan. Pengunjung bisa melewati gang-gang kecil melihat gedung-gedung tua yang sudah direnovasi atau berbentuk masih asli. Biaya untuk menyewa sepeda hanya 10 ribu rupiah saja per jam atau 50 ribu rupiah untuk sehari dari jam 11 pagi hingga 6 sore.

 

----

Itulah beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan di Kota Lama Semarang. Kini liburan ke tempat wisata tidak hanya untuk berfoto saja melainkan bisa lebih mengerti sejarah dan merasakan liburan yang menyenangkan di tempat ini (Nico-Kontributor/diolah)

 

Bagikan