5 Wisata Religi Islam Di Kota Semarang

Mengunjungi Kota Semarang, kurang afdol rasanya jika tak singgah untuk berwisata religi. Apalagi di bulan Ramadan ini, sejumlah destinasi wisata religi Islam menjadi daya tarik untuk dikunjungi wisatawan. Selain untuk beribadah, juga ngabuburit atau lokasi refreshing sembari menanti saat berbuka puasa.

Di Semarang, setidaknya ada lima destinasi wisata religi Islam yang bisa dinikmati keindahan bangunan, konsep arsitektur, ornamen maupun berbagai nuansa yang menyertainya. Ini dia 5 destinasi wisata religi Islam yang bisa dikunjungi, seperti dikutip dari laman pariwisata.semarangkota.go.id:

1. Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)
Merupakan pilihan yang tepat untuk Anda jadikan destinasi wisata religi menarik yang wajib dikunjungi bagi Anda yang sedang berlibur ke Kota Semarang.

Masjid ini menyimpan nilai artistik karena memadukan arsitektur gaya Jawa dan juga Arab, dengan kubah pusat besar serta empat kubah kecil disekelilingnya. Interior dari masjid ini dihiasi dengan ukiran dan kaligrafi rumit nan indah, dan halaman masjid yang luas dan tenang. Masjid ini terletak di pusat kota dan merupakan salah satu masjid terbesar di Indonesia.

MAJT memiliki ciri khas dengan enam buah payung hidrolik raksasa yang berada di teras masjid. Payung-payung ini dapat membuka dan menutup secara otomatis dan mengadopsi model yang terdapat di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.

Daya dukung pesona dari MAJT yang merupakan salah satu desitinasi wisata Jawa Tengah ini adalah adanya pohon kurma yang ditanam di sana, dan agrowisata melon yang sudah beberapa kali panen.

2. Masjid Raya Baiturrahman
Salah satu ikon Kota Semarang, adalah keberadaan Masjid Raya Baiturrahman yang berada di jantung pusat kota. Masjid Raya Baiturrahman yang berlokasi di kawasan Simpang Lima Semarang kini tampak lebih memukau setelah dilakukan renovasi dalam waktu satu tahun, pada Agustus 2021 - Agustus 2022.

Pembangunan Masjid Baiturrahman diinisiasi oleh Yayasan Masjid Candi yang telah berdiri sejak tahun 1955 dengan pendirinya HM Bachroen, RMT Panji Mangunnegoro dan Ahmad Bastari berharap agar Masjid Baiturrahman dapat menjadi landmark baru tujuan wisata di pusat Kota Semarang. Pada sisi depan, masjid Baiturrahman ditambah dengan penambahan kolam reflektif dan air mancur, pohon, rumput hingga lampu pagar.

 

3. Makam Mbah Depok
Kota Semarang punya sejumlah tokoh agama yang berpengaruh dalam penyebaran agama Islam. Salah satu dari tokoh tersebut adalah Habib Thoha bin Muhammad Al-Qadhi, atau biasa dikenal dengan sebutan Mbah Depok.

Tak heran jika memang makam Mbah Depok yang terletak Jalan Depok, Kota Semarang, ini tak sepi pengunjung yang berziarah setiap harinya. Makam Mbah Depok sendiri merupakan situs religi bersejarah yang menggabungkan unsur-unsur budaya Jawa dan Islam. Makam ini memiliki arsitektur tradisional Jawa yang megah dengan penuh detail artistik yang setelah terakhir kali dipugar berubah memiliki nuansa khas Masjid Nabawi, Madinah.

Di sekitar kompleks makam, Anda akan dimanjakan dengan bangunan kuno yang menghadap kolam dengan ornamen-ornamen indah.

 

4. Masjid Kauman
Masjid Kauman Semarang menjadi satu masjid yang menjadi daya tarik wisata religi bagi para wisatawan yang sedang melancong ke Kota Semarang. Masjid yang berada di samping Aloon - Aloon Barat Kota Semarang sendiri disebut sebagai masjid tertua di Kota Semarang yang berdiri sejak tanggal 13 November tahun 1890.
Secara detail, Masjid Kauman berdiri dengan kokoh dan megah dengan perpaduan cat eksterior berwarna hijau. Di sisi samping masjid, kita akan mendapati menara yang menjulang tinggi. Menurut arsip Masjid Kauman Kota Semarang, bangunan masjid ini berdiri sudah sejak ratusan tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 13 November 1890.

 

5. Masjid Layur
Jika wisatawan ingin berkunjung ke salah satu cagar budaya religi yang unik nan indah di Kota Semaran, Masjid Layur atau Masjid Menara di Kampung Melayu bisa menjadi jujugan wisata.

Bangunani ini merupakan salah satu masjid bersejarah di Kota Semarang. Alasannya, masjid tersebut dibangun sekitar tahun 1802, yang menjadi cikal bakal berkembangnya keturunan Yaman di Semarang.

Di dalam Kampung Layur yang merupakan kawasan dari Kampung Melayu, kita dapat menjumpai sebuah tempat ibadah yang juga menyimpan berbagai peninggalan-peninggalan zaman dahulu yang unik. Bangunan yang dimaksud adalah Masjid Layur yang merupakan salah satu masjid kuno yang terletak di Kota Semarang, tepatnya berada di Jalan Layur, Kelurahan Dadapsari, Semarang Utara.

Bagi seorang muslim, Anda dapat beribadah dengan tenang di dalam masjid dengan arsitektur indah ini atau jika Anda hanya ingin bersantai di pelataran masjid yang teduh. (Aji)

 

Sumber : https://heloindonesia.com/traveling/17596/menyusuri-5-wisata-religi-islam-di-semarang-ada-makam-mbah-depok-yang-bernuansa-masjid-nabawi?page=1

Bagikan