Mantap! Lima Desa Wisata Jawa Tengah Terima Penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023

Sebanyak lima desa wisata Jawa Tengah berhasil meraih juara dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Masing-masing Desa Wisata Pekunden di Kabupaten Banyumas sebagai Juara 2 Kategori Desa Wisata Rintisan dan Desa Wisata Sidowarno di Kabupaten Klaten sebagai Juara 4 Kategori Souvenir. Adapun Desa Wisata Conto di Kabupaten Wonogiri dan Desa Wisata Sambongrejo di Kabupaten Blora menjadi Juara Harapan 1 dan 4 Kategori Desa Wisata Berkembang. 

Kemudian, Desa Wisata Besani di Kabupaten Batang sukses menyabet dua penghargaan, yakni Juara Harapan Kategori Kelembagaan dan CHSE dan Penghargaan Rekor Muri Opak Terpanjang.

 

Baca juga : Profil 5 Desa Wisata Jawa Tengah yang Masuk 75 Desa Wisata Terbaik ADWI 2023

 

Penghargaan tersebut diberikan oleh Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif beserta jajaran pada Minggu malam (27/8/2023) di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah menyampaikan selamat kepada kelima desa wisata atas prestasinya. Prestasi ini sejalan dengan komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk mendorong kemajuan Desa Wisata di Jawa Tengah melalui peningkatan kualitas sarana prasarana dan SDM. Sejak tahun 2020, Pemprov Jateng memberikan bantuan keuangan bagi ratusan Desa Wisata untuk terus mengembangkan diri sehingga dapat mendatangkan lebih banyak wisatawan.

Pada bulan Juli hingga pertengahan Agustus lalu, Disporapar Prov. Jateng telah menyelenggarakan Lomba Foto bertema 'Pesona Desa Wisata Jawa Tengah'. Lomba ini menjadi wadah bagi masyarakat pencinta fotografi sekaligus menjadi ajang promosi desa wisata melalui media sosial. (Admin)

Bagikan