Memanjakan Mata Di Taman Batik Akar Kartini

Kabupaten Rembang juga memiliki wisata kebun bunga. Namanya Taman Batik Akar Kartini (TBAK). Di tempat ini mata wisatawan bisa dimanjangan dengan warna-warni bunga hingga ornamen-ornamen kayu akar pohon jati yang tak kalah cantik.

Lokasinya berada di Kecamatan Bulu. Jika dari Rembang kota memakan waktu sekitar 30 menit. Untuk ke sana,akses jalan juga mudah. Cukup menyusuri jalan Rembang-Blora. Lokasi TBAK ini masih satu kompleks dengan makam RA Kartini. Wisata ini baru saja dilaunching sekitar bulan September lalu. Untuk masuk ke lokais wisata cukup membayar tiket Rp 10 ribu.

Pertama kali masuk, langsung disambut gapura kayu yang berpadu dengan akar kayu jati. Tingginya sekitar tujuh meter. Dengan lebar sekitar tiga meter. Layaknya seperti akar, batang-batang kayu itu menyeber ke berbagai sisi. Terlihat kokoh. Gapura itu menopang lengkungan ucapan selamat datang di TBAK desa bulu.

Karena masih masa pandemi, di sebelah gerbang akar berwarna coklat keemasan tadi disediakan bilik untuk menyemprot disinfektan. Bangunan yang paling mencolok pada bagian depan ini adalah sebuah joglo. Di dekat genteng, tertulis Joglo Jigar.

Dari informasi berbagai media, joglo ini juga berfungsi sebagai restoran. Di dalamnya terpajang meja kursi dari akar pohon jati.  Disamping joglo tersebut merupakan area taman. Terdapat berbagai bunga warna-warni. Sehingga sangat cocok untuk berswa foto atau mengabadikan momen-momen ceria bersama kuarga.

Berjalan santai sembari menikmati warna-warni di kanan-kiri juga tak ada salahnya. Di area taman ini sudah dibangunkan jalan setapak yang berada diantara bunga-bunga. Pada beberapa titik juga disediakan spot-spot foto. Seperti sayap kupu-kupu setinggi sekitar empat meter yang diletakkan diantara bunga-bunga.

Di tempat ini juga disediakan meja kursi apabila ada wisatawan yang hendak bersantai. Di sisi lain, di area Taman Batik Akar Kartini ini juga ada ruang untuk belajar membatik. Di dalam bangunan sekitar 3x4 meter ini terdapat wajan yang isinya cairan yang biasa untuk nyanting. Di sekitarnya juga ada beberapa lembar kain putih.  Di dekat bangunan unik belajar membatik itu juga masih ada beberapa spot foto.

 Ada becak, juga vas bunga yang didesain khusus sedemikian rupa membentuk seperti sepeda. Spot ini berada di depan showroom batik.

Rampung berkeliling di taman akar batik Kartini, wisatawan juga bisa berziarah ke makam RA Kartini. Lokasinya sangat dekat karena masih dalam satu kompleks. Kira-kira sekitar 20 meteran.

Ya, jalan-jalan di Taman Akar Batik Kartini ini tak hanya menyuguhkan keindahannya saja. Tetapi, juga memberi wawasan tentang bagaimana kreatifitas para pengrajin akar. Yang sudah berhasil menyulap menjadi ornamen-ornamen yang cantik. Sebab, di kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang ini juga ada para pengrajin akar. (Vachri/ Kontributor)