Pesona Umbul Siblarak Klaten : Sensasi Wisata Air Bak Di Ubud Bali

Kabupaten Klaten tak henti menawarkan daya tarik wisata yang seru dan baru. Daya tarik wisata baru di Klaten itu tak jauh-jauh dari wisata mata air alami alias umbul.

Kali ini adalah Umbul Siblarak, tempat wisata air yang berada di Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten. Lokasi Umbul Siblarak dekat dengan Umbul Ponggok, hanya sekira 10 menit berkendara.Walau menyematkan kata umbul alias mata air alami, tapi Umbul Siblarak berbeda dengan sejumlah umbul lain di Klaten. Umbul Siblarak adalah tempat wisata dengan kolam renang buatan yang dibangun di tengah kompleks persawahan. Ada dua kolam renang di Umbul Siblarak, yaitu kolam renang anak-anak dengan kedalaman 50 cm dan kolam renang dewasa dengan kedalaman 150 cm.

Direktur Utama BUMDes Sinergi, Imron mengatakan, pembangunan Umbul Siblarak memanfaatkan sawah yang kurang produktif di Desa Sidowayah. 

"Airnya, kami ambilkan dari Umbul Manten. Kami mengalirkan air Umbul Manten menggunakan pipa ke kolam-kolam di Wisata Siblarak," ujar Imron, beberapa waktu lalu.

Umbul Manten merupakan mata air di Desa Sidowayah yang jaraknya sekitar 200 meter dari Umbul Siblarak. Bisa dibilang, sensasi berenang di Umbul Siblarak hampir mirip seperti berenang di Umbul Manten.

Imron mengatakan, ide pembangunan wisata Umbul Siblarak berasal dari keinginan kepala desa serta sejumlah tokoh masyarakat. Mereka ingin memanfaatkan kucuran Dana Desa yang dibagikan pemerintah untuk setiap desa pada 2017. Dari dana yang diterima, sekitar Rp 600 juta digunakan untuk pembangunan Umbul Siblarak. Imron tak menampik, pengembangan Wisata Siblarak terinspirasi dari kesuksesan Umbul Ponggok.

"Pak Hapsoro, kepala desa terdahulu meminta kami, masyarakat untuk kreatif agar minimal bisa sama dengan Ponggok," ujar dia.

Hal inilah mendasari Imron mendirikan BUMDes Sinergi Sidowayah. Setelah BUMDes terbentuk, ia melakukan pemetaan dan analisis, wilayah mana saja di Desa Sidowayah yang cocok untuk pengembangan wisata, edukasi, dan lainnya. Puncaknya, BUMDes dan pihak desa sepakat untuk membangun Wisata Siblarak.

Walau belum semoncer Umbul Ponggok, tapi perlahan wisata di Umbul Siblarak mulai naik daun di Klaten dan daerah di sekitarnya. Dibuka sejak Juni 2019, Umbul Siblarak kini menjadi satu di antara destinasi wisata andalan Kecamatan Polanharjo.

Apalagi sejak kecantikan dan pesona Umbul Siblarak banyak dibagikan pengguna media sosial. Alhasil, semakin banyak wisawatan yang datang, walau sebagian besar masih didominasi warga Jawa Tengah. 

Hampir setiap hari, Umbul Siblarak tak pernah sepi pengunjung. Mulai dari anak-anak, pelajar, hingga orang dewasa. "Kalau hari biasa, yang datang lebih banyak murid TK, SD yang berkegiatan outbond," ujar Imron.

Lanskap yang ditawarkan Umbul Siblarak juga memikat hati pengunjung. Lantaran dibangun di tengah kompleks persawahan, membuat sensasi berwisata di Umbul Siblarak seperti di Ubud, Bali. Pemandangan hamparan sawah yang menghijau dan kolam yang begitu segar, benar-benar memanjakan mata. Sementara di bagian barat, gagah menjulang Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Berwisata di Umbul Siblarak membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih segar.

Wisata Siblarak buka setiap hari Senin-Sabtu pukul 08.00-17.00 WIB, sedangkan pada Minggu buka pukul 07.30-17.00 WIB. Tak hanya bermain air, pengunjung juga dapat menjajal sejumlah fasilitas permainan lain yang tersedia. Misalnya, Funtubing, Sewa Motor ATB, dan Trail selama 15 menit, hingga menjajal wahana Flying Byur.

"Flying byur berbeda dengan flying fox. Kalau flying fox, mendaratnya, kan, di tanah. Kalau di sini mendaratnya di air," ujar Imron.

Wisata Umbul Siblarak juga menyediakan penyewaan ban floaties dengan tarif yang terjangkau. Untuk harga tiket masuk (HTM) Wisata Umbul Siblarak juga sangat murah, hanya Rp 5 ribu per orang. Fasilitas di Wisata Umbul Siblarak juga cukup lengkap yaitu gazebo, musala, toilet, kamar bilas, pendapa, dan warung. Jadi, tunggu apalagi, yuk ajak keluarga pelesiran ke Umbul Siblarak di Klaten. (Kontributor)

 

-----------------------------------------------------------------

Wisata Umbul Siblarak: 

- Air bersumber dari Umbul Manten

- Jarak dari Kota Klaten menuju Wisata Siblarak sekitar 25 Km dengan waktu tempuh sekira 35 menit

- Wahana: kolam renang anak-anak (kedalaman 50 cm) dan dewasa (150 cm); flying byur; ATV dan trail; outbond

- Fasilitas: gazebo, musala, toilet, kamar bilas, pendapa, warung

- Harga tiket masuk: Rp 5 ribu

- Tarif parkir: Rp 2 ribu (motor); Rp 5 ribu (mobil); Rp 10 ribu (kereta kelinci)

- Jam buka: 07.30 - 17.00 WIB

Datfar Harga Wahana Wisata Siblarak

1. Tiket Masuk Rp 5 ribu per orang

2. Flying Byur Rp 10 ribu per orang

3. Fantubing Rp 17 ribu per orang

4. Sewa Mobil ATV Rp 30 ribu

5. Trail Motor Rp 15 ribu

6. Sewa Ban Floaties Rp 15 ribu

 

Foto 1: Kawasan Wisata Umbul Siblarak di Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten.

Foto 2: Pengunjung mendatangi Wisata Umbul Siblarak, beberapa waktu lalu. Umbul Siblarak adalah wisata di Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten.

Foto 3: Sejumlah pengunjung berenang di Wisata Umbul Siblarak, beberapa waktu lalu. Umbul Siblarak adalah wisata di Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten.
 

Bagikan