Selamat! Inilah Para Pemenang Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2023

Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan penganugerahan Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2023. Acara berlangsung di Hotel Surya Yudha, Purwokerto, Kabupaten Banyumas pada Kamis siang (14/9).

Sebanyak 31 desa wisata perwakilan Kabupaten / Kota mengikuti ajang ini. Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah dalam hal ini diwakilkan oleh Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Endro Wicaksa S.Si.T, MBM, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Gelar Desa Wisata Jawa Tengah tahun 2023 dilaksanakan secara online dengan skema pembuatan video potensi desa yang diunggah di kanal Youtube Desa Wisata masing-masing peserta.

Video tersebut berisi tentang promosi paket wisata dan pengelolaan desa wisata, atraksi seni budaya dan kearifan lokal, ketersediaan homestay dan toilet bersih, serta adanya souvenir, digital dan konten kreatif.

Meskipun dilaksanakan secara online dan terbatas, penilaian juga dilakukan melalui mekanisme verifikasi dan validasi ke desa-desa wisata yang telah melalui tahap penilaian administrasi dan video.

Penganugerahan diberikan kepada 10 besar Desa Wisata dan mengerucut menjadi 6 besar Desa Wisata.

Selamat kepada seluruh peserta Gelar Desa Wisata Jawa Tengah Tahun 2023 yang telah mengikuti seluruh tahapan dan kepada para juara.

Semoga momentum ini menjadi penyemangat untuk kebangkitan pariwisata Jawa Tengah khususnya desa wisata.

 

Daftar Pemenang Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2023

Juara 1 : Desa Wisata Pandanrejo - Kabupaten Purworejo

Juara 2 : Desa Wisata Paranggupito - Kabupaten Wonogiri

Juara 3 : Desa Wisata Kampus Kopi (Desa Banyuanyar) – Kabupaten Boyolali

Harapan 1 : Desa Wisata Punjulharjo – Kabupaten Rembang

Harapan 2 : Desa Wisata Melung – Kabupaten Banyumas

Harapan 3 : Desa Wisata Rahayu – Kabupaten Kebumen

 

(Admin)

Bagikan