Serunya Berwisata Seharian Di Taman Wisata Alam Posong Temanggung

LIBURAN ke Kabupaten Temanggung, rasanya masih nanggung bila belum datang ke wilayah Posong. Wilayah ini tengah naik daun di kalangan wisatawan karena menyajikan panorama alam yang begitu memesona.

Kawasan wisata Posong berada di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. Lokasinya tepat di lereng Gunung Sindoro dan berhadapan langsung dengan Gunung Sumbing. 

Tak heran bila suhu udara di sini cukup dingin. Turunnya kabut bahkan sudah pemandangan sehari-hari. Apalagi ketinggian Posong berada di atas 1000 mdpl.

Di kawasan wisata Posong, ada beberapa destinasi yang disambangi. Satu di antaranya adalah Taman Wisata Alam Posong. Taman ini berada di paling atas dari kawasan wisata Posong.

Taman Wisata Alam Posong merupakan pengembangan desa wisata Tlahab dan dikelola oleh pihak swasta. Untuk masuk ke Taman Wisata Alam Posong, pengunjung akan dikenai tiket masuk sebesar Rp 20 ribu.

Harga tiket ini sebanding dengan apa yang akan didapatkan saat berwisata di Taman Wisata Alam Posong. Sebab, taman ini menyediakan berbagai wahana yang menarik. Misalnya gazebo, area taman yang begitu luas, taman bermain yang representatif, serta flying fox.

Jangan lupakan juga sejumlah spot selfie yang tersebar di berbagai titik di Taman Wisata Alam Posong. Wisatawan bebas pilih spot selfie dengan latar belakang Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, atau perkebunan kopi dan tembakau yang sangat luas.

Selama di Taman Wisata Alam Posong, wisatawan bebas melakukan aktivitas seru seharian. Mulai dari berfoto, bermain di taman ini atau hanya sekadar duduk, nongkrong dengan dimanjakan pemandangan alam yang menakjubkan. 

Fasilitas lain yang ada di Taman Wisata Alam Posong adanya tenda perkemahan. Ya, bagi wisatawan yang ogah capek menenteng peralatan berkemah dan mendirikan tenda, tak usah khawatir, sudah ada di sini.

Ada lima paket berkemah yang disediakan Taman Wisata Alam Posong. Paket pertama adalah paket camp family full service. Fasilitas yang diberikan adalah tenda berkapasitas enam hingga tujuh orang, kasur, bantal, sleeping bag, penerangan, acara api unggun, snack dan minum, makan satu kali, dan charger. Tarifnya Rp 1,2 juta per tenda.

Paket kedua adalah paket camp family ekonomi dengan tarif Rp 700 ribu per tenda. Fasilitasnya sama dengan  paket camp family full service. Hanya bedanya tidak ada acara api unggun, snack dan minum, dan makan satu kali.

Bagi yang ingin mendapatkan layanan full service bisa dengan membayar Rp 150 ribu per orang dan minimal 10 orang. Fasilitas yang didapat adalah tenda, kasur, bantal, sleeping bag, penerangan, acara api unggun, snack dan minum, dan makan satu kali.

Ada juga paket berkemah Ekonomi. Tarifnya Rp 80 ribu per orang dengan fasilitas tenda, kasur, bantal, sleeping bag, dan penerangan. Peserta minimal 10 orang.

Sementara itu, bagi wisatawan yang ingin berkemah dengan membawa tenda sendiri alias tidak menggunakan tenda dari Taman Wisata Alam Posong, bisa memilih paket Biasa. Tarifnya Rp 60 ribu per orang. Fasilitas yang didapat area camping yang cukup luas.

Tarif ini sudah termasuk biaya tiket masuk ke Taman Wisata Alam Posong serta penjagaan selama 24 jam.

Ingin mengisi perut di sela-sela berwisata memanjakan mata di Taman Wisata Alam Posong? Sangat bisa. Di sini ada restoran yang menyajikan berbagai menu serta kuliner khas Temanggung. Misalnya cemplon yang mirip kudapan timus dan gamblong. Walau sama-sama berbahan baku singkong, tapi kedua kudapan ini memiliki rasa yang bertolak belakang. Cemplon manis, sedangkan gamblong lebih gurih dan asin.

Selain kuliner, jangan lupa untuk menyeruput kopi arabica khas Posong yang memiliki rasa dan aroma tersendiri. Di Taman Wisata Alam Posong juga terdapat kedai kopi dengan menawarkan sensasi ngopi di atas ketinggian.

Di Taman Wisata Alam Posong, wisatawan juga dapat menyaksikan pesona matahari terbit atau golden sunrise. Bahkan ini spot terbaik lantaran berada di lokasi tertinggi di wilayah Posong.

Yuk segera agendakan kunjungan Anda ke Taman Wisata Alam Posong. Taman ini buka setiap hari mulai pukul 04.30 hingga 17.00 WIB. (Kontributor)

Halaman 1 2