Yuk, Eksplorasi Desa Wisata Kemasan Di Boyolali

Penat dengan rutinitas? Ingin liburan dengan nuansa pedesaan? Berenang di kolam pemandian ala kerajaan? Yuk, ke Desa Wisata Kemasan di Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali.

Sawit adalah kecamatan di kabupaten Boyolali yang ditemui di tengah perjalanan antar kota dan antar provinsi, Kota Solo menuju Yogyakarta. Dari arah Solo, sebelah kanan jalan terdapat patung Bapak Ibu Petani yang menjadi simbolisasi desa Karang Duren. Tidak ada salahnya berhenti di sini, lalu belok kanan mengikuti petunjuk yang terpampang. Kira-kira 3 km sampailah di Desa Wisata Kemasan atau Dewa Emas.

Dikutip dari website desawisatakemasan.com, Dewa Emas resmi dibuka untuk umum Juni 2016 dan pengelolaannya dinaungi oleh Badan Usaha Milik Desa Karya Lestari Manunggal. Desa ini menawarkan berbagai wisata alam dan aktivitas yang dipadukan dengan pendidikan. Ada kolam renang dan resto di Dukuh Mungup, pertanian padi di Dukuh Maron, cara pembuatan berbagai jenis roti di Dukuh Tangkisan, lahan kangkung dan pengolahan sampah terpadu di Dukuh Kemasan, kampung lukis dan tari di Dukuh Karanggayam, serta cara pembuatan jamu di Dukuh Tegalsono.

Desa Wisata Kemasan juga memiliki banyak sumber mata air alami yang memancar (mumbul) bertempat di Dukuh Ngumbul. Dukuh ini sejak zaman Kolonial Belanda hingga sekarang menjadi Kantor Pusat Pemerintahan Kecamatan Sawit. Dari sinilah awal mula dibentuknya Desa Wisata Kemasan.

Salah satu Umbul yang telah lama menjadi daya tarik ialah Umbul Tirto Mulyo. Setelah renovasi, bangunan Umbul Tirto Mulyo menyerupai Tamansari Yogya sehingga memberikan sensasi pemandian ala putra putri kerajaan.  Konon, Umbul Tirto Mulyo Kolam dibangun pada masa pemerintahan Sri Susuhunan Paku Buwono X (PB X) ketika memerintah Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Umbul ini sering digunakan oleh PB X dan kerabatnya untuk padusan tiap menjelang bulan puasa. Oh iya, Umbul Tirto Mulyo buka setiap hari mulai pukul 06.00 – 17.30 WIB dengan Harga Tiket Masuk yang sangat terjangkau.

Siap mengeksplorasi Desa Wisata Kemasan? Yuk, agendakan. Untuk informasi dan reservasi silakan kunjungi wesbite desawisatakemasan.com atau follow Instagram @dewa_emas(Wiwin/ Kontributor - diolah)

 

* Temukan pengalaman unik dan berkesan dengan berwisata #DiJatengAja. Dapatkan informasi terkini seputar pariwisata Jawa Tengah dari visitjawatengah.jatengprov.go.id.  Layanan Tourist Information Center (TIC) Jawa Tengah hadir secara online melalui LIVE CHAT di menu TIC Online yang tersedia di website.