Dieng Culture Festival 2023 Resmi Ditiadakan

Provinsi Jawa Tengah tak hanya dikenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga ragam budayanya. Salah satu budaya yang masih lestari hingga kini ialah tradisi pemotongan rambut gimbal anak Dieng yang bisa disaksikan dalam sebuah event budaya Dieng Culture Festival. 

Dieng Culture Festival adalah salah satu event unggulan Jawa Tengah dan juga masuk dalam Top 10 Kharisma Event Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Dieng Culture Festival telah menjadi magnet wisata Dieng. Event ini selalu dinanti dan mampu menarik puluhan ribu pengunjung.

Tahun 2023, Dieng Culture Festival sedianya akan memasuki penyelenggaraan ke-14, namun Pemerintah Kabupaten Banjarnegara secara resmi telah mengumumkan bahwa Dieng Culture Festival 2023 ditiadakan.

Hal ini karena akan dilaksanakan penataan di 3 (tiga) titik lokasi yaitu Kawasan Candi Arjuna, terminal Aswatama dan Kawasan Kawah Sikidang oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Ketiga lokasi tersebut merupakan titik sentral dan pendukung pelaksanaan Dieng Culture Festival. Selain itu, ruas jalan antara terminal aswatama sampai ke kawasan kawah Sikidang juga akan dilaksanakan pengerjaan peningkatan jalan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Banjarnegara.

Demi kenyamanan dan keselamatan pengunjung serta kelancaran proses pengerjaan penataan kawasan Dieng, maka Dieng Culture Festival tahun 2023 untuk sementara tidak dilaksanakan sambil mempersiapkan pelaksanaan tahun depan. Harapannya, Dieng Culture Festival 2024 akan berjalan lebih baik di tengah suasana kawasan wisata yang sudah lebih tertata, sehingga memberikan kesan baik bagi semua pihak. (Admin)

Bagikan