Jalan-jalan Ke Desa Wisata Dawuhan

Desa Wisata Dawuhan berada di Kecamatan Wanayasa berjarak kurang lebih 35 km dari pusat kota Banjarnegara, dengan daya tarik yang unik pemandangan lembah berhias ratusan kelok pematang sawah, dikelilingi aliran Sungai Panaraban yang seolah menembus Bukit Gunung Wangi. Selain tubing panaraban, kolam renang, arena bermain dan outbound anak. Kini Desa Wisata Dawuhan lebih romantis semenjak di bukanya Pasar Rengrang pinggir Sungai Panaraban. 

Pengelola Desa Wisata Dawuhan menjadikan lembah persawahan sebagai daya tarik wisata Pasar Rengrang yang menyajikan menu jajanan tradisional yang menarik.  Ketua Pokdarwis Tirta Panaraban Supriyanto selaku Pengelola Desa Wisata Dawuhan menjelaskan bahwa Pasar Rengrang yang dibuka pada 1 Agustus 2020 bertepatan dengan pandemik covid 19. Pasar ini menerapkan protokol kesehatan pada pengelola dan wisatawan untuk selalu mencuci tangan saat masuk wahana, memakai masker dan menjaga jarak untuk menghindari kerumunan.

Lurah Pasar rengrang Alwan menyampaikan bahwa Pasar Rengrang ini kami buka  setiap hari minggu pukul 09.00 sampai 12.00 dengan menu kurang lebih 35 macam jajan pasar tradisional hasil inovasi ibu ibu PKK Desa dan PKK RT, Desa Wisata Dawuhan juga memiliki industri rumahan  tempe muntuk dan getuk bulat kurang lebih ada 90 pengrajin setiap hari produksi untuk memasok di pasar Karangkobar, Wanayasa, Kalibening dan pasar Batur. Imbuhnya. (dien’s-21/ Dinbudpar Banjarnegara/ Diolah).