Keren! Dieng Culture Festival Dan Festival Kota Lama Masuk Top 10 KEN 2023

Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI meluncurkan Karisma Event Nusantara (KEN) 2023 di TMII Jakarta pada Sabtu sore (28/1). Pada kesempatan tersebut diumumkan 110 event yang lolos kurasi KEN 2023, 5 diantaranya merupakan event di Jawa Tengah.

Lima event dimaksud ialah Dieng Culture Festival , Festival Kota Lama, Solo Menari, Solo Keroncong Festival, dan Moro Borobudur. Bahkan Dieng Culture Festival dan Festival Kota Lama terpilih sebagai TOP 10 KEN. Event-event tersebut telah melalui tiga tahapan seleksi oleh Kemenparekraf RI pada November- Desember 2022, yaitu administrasi, konsep, dan wawancara. Sebelumnya, Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah telah mengusulkan 10 event unggulan tahun 2023.

Baca juga : 10 Event Unggulan Jawa Tengah Tahun 2023

Selain meluncurkan KEN 2023, Kemenparekraf juga meluncurkan ‘Sportive 2023’, yakni Sport, Music, and Creative Event. Dikutip dari kemenparekraf.go.id, hal ini karena banyak sekali event-event olahraga atau sport tourism ini menjadi daya tarik. Adapun 3 event Sportive dari Jawa Tengah adalah Solo International Performing Arts (SIPA) dan Festival Payung Indonesia (Fespin) yang masuk kategori Creative serta Mesastila 100 yang masuk kategori Sport.

Baca juga : 3 Event Sport Tourism Jawa Tengah Tahun 2023

Dengan demikian, total ada 8 event di Jawa Tengah yang masuk dalam kalender nasional.  Event-event tersebut telah terangkum dalam E-Book Jawa Tengah Calendar of Events 2023 yang dapat diunduh di tautan berikut ini (Admin)

 

Foto : kemenparekraf.go.id

 

Bagikan